Sukses

Info

Jangan Sampai Terlewatkan Waktu Terbaik Menyaksikan Hujan Meteor Geminid

Fimela.com, Jakarta Malam ini (14/12/21) dan besok (15/12/21) akan terjadi hujan meteor Geminid. Puncaknya pada malam hari pukul 20.00 dan 05.00 pagi waktu setempat.

Melansir dari situs resmi LAPAN, Geminid merupakan hujan meteor utama yang titik radiannya atau asal kemunculan berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Gemini.

"Hujan meteor Geminid dapat disaksikan sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut. Intensitas hujan meteor ini untuk Indonesia berkisar 86 meteor/jam (Sabang) hingga 107 meteor/jam (Pulau Rote)," tulis LAPAN dalam situsnya.

Agar hujan meteor Geminid dapat terlihat dengan jelas, sahabat Fimela bisa mencari tempat yang cukup gelap dan tentu saja aman, meski fenomena ini tidak berbahaya namun harus tetap hati-hati.

Melansir Space, hujan meteor Geminid terjadi setiap tahun pada bulan Desember ketika Bumi melewati jejak debu dari asteroid 3200 Phaethon. Fenomena ini dianggap sebagai salah satu hujan meteor terbaik setiap tahunnya karena setiap meteor memiliki kecerahan yang tinggi.

Tahun 2019, puncak hujan meteor Geminid hanya menghasilkan sekitar 20 hingga 30 meteor per jam. Hal itu karena puncak hujan meteor terjadi saat Bulan hampir purnama.

 

Menghasilkan 150 meteor

Hujan meteor Geminid sudah terjadi hampir 200 tahun. Menurut catatan yang diketahui, pengamatan pertama adalah pada tahun 1833. Biasnya mampu menghasilkan 150 meteor atau lebih per jamnya. Maka sangat disarankan menyaksikan di tempat yang cukup gelap.

Namun bisa juga menyaksikan secara online di Facebook atau situs Space, CosmoSapiens, hingga Virtual Telescope Project.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading