Sukses

Info

Kawasan Wisata Labuan Cermin Tutup Sementara Setelah Ditemukan Buaya

Fimela.com, Jakarta Kawasan wisata Danau Labuan Cermin, Berau, Kalimantan Timur ditutup sementara setelah ditemukan dan ditangkapnya buaya muara sepanjang 4,7 meter pada 29 Desember 2021. Kawasan wisata tersebut biasa dipakai wisatawan untuk berenang dan menyelam. 

Wakil Bupati Berau Gamalis menginstruksikan penutupan lokasi wisata danau dua rasa tersebut sampai situasi kondusif. Ia juga meminta kepada Camat Biduk-biduk agar danau bebas dari semua aktivitas. 

Selama masa penutupan lokasi, ia juga meminta semua pihak untuk melakukan penyisiran di titi-titik yang menjadi lokasi kemunulan buaya, termasuk di Sungai Lempot. Jika diperlukan, lanjutnya, ia meminta untuk memakai jasa pawang buaya.

"Kalau memang harus pakai pawang buaya, pakai saja. Biar semua buaya lain bisa tertangkap kalau ada," ujarnya melansir dari Liputan6.com.

 

Dibawa ke Penangkaran Buaya

Kini buaya yang tertangkap masih tertahan di sekitar danau dengan kondisi terikat dan terus dipantau oleh warga dan aparat. Kepala Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur Dheny Mardiono mengatakan timnya akan mengambil alih penanganan buaya.

Langkah yang sedang dilakukan adalah membuatkan kandang evakuasi. Rencananya buaya akan dilepasliarkan ke penangkaran buaya di Kota Tarakan atau Balikpapan.

 

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading