Sukses

Info

Per 31 Desember 2021 Kasus Positif Omicron menjadi 136 Kasus, Kemenkes Imbau Jangan Berpergian ke Luar Negeri

Fimela.com, Jakarta Kasus COVID-19 varian Omicron mengalami peningkatan sebanyak 68 kasus, yang membuat total kasus positif COVID-19 varian tersebut saat ini menjadi 136 pasien pada Jumat, 31 Desember 2021 seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Senin (3/1/2022).

Melalui siaran pers, Minggu (2/1/2022), Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat untuk tidak berpergian dulu ke luar negeri dengan transmisi penularan COVID-19 yang sangat tinggi.

Dia menyebutkan negara-negara yang memiliki transmisi penularan COVID-19 varian Omicron yang sangat tinggi, yakni Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

Imbauan pelarangan pergi ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan bertambahnya kasus positf COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

"Kita harus bekerjasama melindungi orang terdekat kita dari tertular COVID-19. Mari kita menahan diri," ucap Nadia, yang dikutip dari Liputan6.com, Senin (3/1/2022).

Walau Tidak Separah Delta, Waspada adalah Keharusan

Ada perhitungan prediksi peningkatan kasus positif COVID-19 akibat varian Omicron yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO memperhitungkan prediksi peningkatan kasus akibat varian Omicron dibandingkan varian Delta dan mempertimbangkan tingkat penularan, serta risiko keparahan. Hasilnya menunjukkan bahwa kemungkinan akan terjadi peningkatan penambahan kasus positif COVID-19 yang cepat akibat varian Omicron.

Nadia mengatakan, walaupun varian Omicron dapat menular dengan cepat, tapi tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit atau ICU lebih rendah dibandingkan periode Delta.

Hal tersebut menunjukkan, varian Omicron memiliki tingkat penularan tinggi namun dengan risiko sakit berat yang rendah.

Nadia mengingatkan, walaupun Omicron tidak separah Delta, masyarakat tetap harus waspada karena situasi dapat berubah dengan cepat.

"Oleh karena itu upaya pencegahan dan pengendalian, serta upaya mitigasi lainnya harus tetap berjalan," imbuhnya.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading