Sukses

Info

Cara yang Perlu di Ketahui Saat Cek dan Bayar Tagihan Listrik PLN

Fimela.com, Jakarta PT PLN (Pesero) telah memberikan informasi untuk kemudahan para pelanggan guna mengecek tagihan listrik secara mandiri. Pelanggan kini tidak perlu lagi untuk menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual, Karena sekarang pelanggan dapat langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagian listrik yang akan dibayar.  

Untuk pengecekan tagihann listrik yang harus dibayar, pelanggan perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone masing-masing. Lalu seetelah berhasil lakukanlah login akun, jika belum memiliki akun dapat pilih “daftar” lalu isi data kelengkapan. Jika sudah masuk ke dashboard akun, pilih “informasi” Setelah itu akan muncul “Informasi Tagihan dan Token Listrik” klik tulisan tersebut lalu sistem akan menampilkan tagihan, serta riwayat tagihan pelanggan.

 

Berita tersebut dikutip dari Liputan6.com

Terdapat 3 Pilihan Menu yang Dapat di Gunakan Untuk Pembayaran Tagihan Ataupun Membeli Token.

Opsi Pertama

Pilih menu “Kelistrikan” lalu pili ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekenin listrik, atau menuju pada menu “Pemberitahuan” (Untuk id pelanggan pascabayar yang telah di daftarkan pada akun PLN Mobile).

Opsi Kedua 

Untuk opsi kedua cukup mudah di lakukan, pertama tekan pilih menu “Token dan Pembayaran” Setelah itu, masukkan nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada PLN Mobile), atau pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran apabila sudan terdaftar pada akun PLN Mobile. 

Opsi Ketiga

Apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanngan pada PLN mobile maka pada fitur “Pemberitahuan” akan tertampil Tagihan Listrik (Pasca Bayar), Setelah itu akan ditujukan untuk melakukan pembayaran sebagai berikut :

 

  1. Daftar tagihan akan ditampilkan lalu pilih “PILIH TAGIHAN”.
  2. Akan muncul detil tagihan selanjutnya pilih “LANJUT PEMBAYARAN”
  3. Setelah itu akan muncul halaman pembayaran, dan pelanggan dapat memilihh metode pembayaran dengan pilih “Ganti Metode Pembayaran”, apabila sudah memilih metode tersebut, pilih “BAYAR”
  4. Waktu batas pembayaran akan muncul dan selesaikan pembayaran. Apabila pembayaran sudah selesai pilih “LIHAT TRANSAKSI SAYA”, setelah itu riwayat transaksi akan muncul.

Ada cara lain untuk mengetahui tagihan listrik pelanggan secara langsung, bisa dengan menghubungi Contact Center PLN. Pelanggan perlu menekan tombol 123 di menu ganggilan telepon. Jika Sudan tersambung ikuti instruksi yang diberikan oleh operator, nantinya pelanggan akan ditanya mengenai nomor ID Langganan PLN untuk validasi data. Setelah itu, operator akan menyebutkan informasi tagihan listrik bulanan.

 

Penulis : Saffa Sekar

#Woman For Woman

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading