Sukses

Info

7 Langkah Mendapatkan Telemedic dan Obat Gratis dari Kemenkes Saat Isoman Covid-19

Fimela.com, Jakarta Jika hasil test Covid-19 dinyatakan positif, namun tidak bergejala atau bergejala ringan tidak perlu khawatir. Sebab dapat melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah saja.

Nantinya, jika sahabat Fimela melakukan test terkoneksi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mendapatkan layanan telemedicine dan obat gratis Isoman dari Kemenkes langsung. Walau harus menunggu.

Kemenkes menyediakan 17 platform telemedicine menyediakan layanan konsultasi gratis selama isoman. Diantaranya, Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare 24, KlikDokter, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, KlinikGo, Trustmedis, YesDok, dan Vascular Indonesia.

Layanan telemedicine dan paket obat gratis isoman sudah diberikan pada total 150.000 pasien COVID-19 di Jabodetabek. Ke depannya, layanan telemedicine dan paket obat COVID-19 gratis akan diperluas jangkauan ke beberapa daerah.

Berikut ini langkah-langkah mendapatkan fasilitas tersebut, selamat mencoba dan cepat sehat ya.

Berikut cara dapat obat isoman gratis, dikutip dari Kemenkes:

1. Pastikan sudah melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

2. Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

3. Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

4. Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara Daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine.

5. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu masukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

6. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

7. Obat akan dikirim melakui ekspedisi ke rumah.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading