Sukses

Info

Jangan Anggap Remeh, Epidemiolog Prediksi Omicron akan Capai Puncak Gelombang Ketiga di Akhir Februari

Fimela.com, Jakarta Puncak gelombang ketiga Covid-19 diprediksi akan terjadi pada akhir Februari atau awal Maret 2022. Setidaknya, itu jika berkaca pada penyebaran dan penambahan kasus Covid-19 varian Omicron di setiap provinsi yang terus meningkat

Dikutip dari Liputan6.com pada Senin, (14/02/2022) Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, mengaku tak heran jika penambahan kasus Covid-19 akibat varian Omicron di Indonesia dapat mencapai 46.843 kasus pada Rabu (9/2/2022). Sebab penularan yang cepat oleh Omicron berpotensi besar menginfeksi banyak orang atau empat kali dari varian Delta. Kecepatan penularannya juga dua kali lipat.

Dicky mengaku telah memprediksi puncak gelombang tiga di Indonesia sejak November 2021. Hal tersebut telah berulang kali disampaikannya kepada pemerintah. Meskipun diasumsikan lebih ringan, Omicron tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Omicron berpotensi meningkatkan kematian pada kelompok lansia dan pengidap penyakit penyerta atau komorbid yang tidak terkontrol. 

Strategi yang dilakukan pemerintah saat ini, menurut Dicky sudah relatif efektif. Misalnya peningkatan level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah kabupaten/kota ataupun wilayah aglomerasi. Dengan adanya PPKM level 3 secara otomatis terdapat sejumlah pembatasan yang harus dipenuhi oleh masyarakat maupun fasilitas publik.

Cakupan vaksinasi

Cakupan vaksinasi dosis kedua untuk kelompok lansia di Indonesia masih di bawah 60 persen. Dicky pun meminta cakupan tersebut dapat segera dipenuhi. Saat puncak gelombang tiga lansia menjadi salah satu kelompok yang berkontribusi besar terhadap perawatan di RS.

Lalu, Dicky juga menyoroti mengenai kemampuan testing dan tracing. Keduanya merupakan patokan dalam keberhasilan pelaksanaan isolasi atau karantina. 

"Orang menempati isolasi karantina karena dia terdeteksi sebagai kasus kontak kan. Nah kalau isolasi karantina efektif maka kita bisa memutus sebagian besar potensi penularan," ucap dia, dikutip dari Liputan6.com pada Senin, (14/02/2022)

Selain itu kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan juga merupakan hal yang penting. Sebab gelombang Covid-19 lanjutan diprediksi masih akan terus meningkat. Dicky memprediksi gelombang empat paling cepat muncul sekitar lima bulan setelah penurunan kasus di gelombang ketiga. Namun gelombang lanjutan tak akan separah sebelumnya.

"Artinya tetap terjadi tapi jumlah yang terinfeksi juga relatif lebih kecil, kemudian bertambah beban ke faskes dan juga kematian jadi jauh sangat kecil. Sehingga melihat aktivitas mudik dan lebaran ini bisa bisa terlaksana jauh lebih kecil risikonya dibanding tahun lalu, asal kita semua komitmennya dalam 3T, 5M dan vaksinasi," Dicky menjelaskan dikutip dari Liputan6.com.

Pengawasan PeduliLindungi tak maksimal

Sementara itu, Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo menyebut saat ini hal yang terpenting untuk mengantisipasi puncak gelombang ketiga yaitu dalam penggunaan ruang perawatan RS. Yakni ruang yang ada harus difokuskan untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Sebab tingkat kematian atau mortalitas akibat Covid-19 sangat penting.

"Masuk RS ya karena mampu membayar itu yang membuat rusak. Itu nakes-nya kemungkinan tertular tinggi karena mereka merawat orang orang yang tidak perlu dirawat itu yang penting," kata Windhu.

Menurut Windhu, pemerintah Indonesia telah memiliki instrumen pengendalian Covid-19 yang sudah sesuai dengan standar WHO. Instrumen tersebut dapat digunakan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Misalnya dalam penentuan kenaikan level PPKM setiap wilayah. Kemudian penggunaan dari aplikasi PeduliLindungi.

Namun, implementasi penggunaan aplikasi dan pelaksanaan PPKM masih dipertanyakan. Di lapangan kata Windhu, banyak pembiaran yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Seperti halnya penggunaan QR code dalam aplikasi PeduliLindungi di area fasilitas publik. Padahal hal tersebut dapat membantu dalam pengendalian Covid-19.

"Tempat area publik hanya abal-abal aja sekedar formalitas pasang barcode tapi tidak dipindai secara individual dan tidak diawasi oleh petugas. Setelah dipindah tidak dilihat jangan-jangan hitam tetap masuk," ucapnya.

Kemudian mengenai cakupan vaksinasi sebagai pembentukan imunitas warga. Windhu meminta agar setiap wilayah dapat mengejar standar vaksinasi hingga booster. Terutama untuk para lansia dan masyarakat dengan penyakit penyerta. Selain itu peningkatan testing dan tracing juga sangat diperlukan. Meskipun saat ini kedua instrumen tersebut tidak dapat mengejar tingginya kasus di masyarakat.

Windhu optimistis penggunaan instrumen yang benar dapat memberikan rasa aman dan terkendali dalam pengendalian Covid-19. "Kalau semua instrumen kita gunakan dengan bagus, senjata PeduliLindungi kita gunakan sebagai standar, kita relatif bagus dan saya optimis untuk menyelesaikan (pandemi) ini," ungkapnya.

 

*Penulis: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf.

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading