Sukses

Info

Perang dengan Ukraina, 6 Event Olahraga Bergengsi Kelas Dunia Dibatalkan di Rusia

Fimela.com, Jakarta Rusia melancarkan operasi militer sejak Kamis (24/2/2022) dan terus berlangsung hingga hari ini.  Rusia diketahui melakukan penyerangan terhadap infrastruktur militer yang dimiliki Ukraina.

Bukan hanya Ukraina saja yang merugi atas perang yang terjadi. Bahkan, Rusia yang menyerang pun merugi karena banyak kecaman dari negara lain salah satunya sektor olahraga.

Tahun ini ada banyak event olahraga yang akan diselenggarakan di Rusia, namun karena perang beberapa event tersebut pun harus dipindahkan hingga dibatalkan.

Melansir Liputan6.com, berikut ini beberapa event  olahraga bergensi di Rusia yang terkena imbas perang. 

1. Grand Prix Rusia

GP Rusia 2022 bakal digelar pada 23-25 September 2022 mendatang. Balapan yang digelar di Sirkuit Sochi itu akan menjadi seri Ke-17 dan menjadi tujuh seri terakhir pada balapan F1 2022.

Namun, Federasi Automobil Internasional (FIA) resmi membatalkan gelaran Formula One (F1) di Rusia.

FIA berasalan, situasi yang tidak kondusif menjadi alasan utama pembatalan GP Rusia 2022.Juara bertahan musim lalu, Max Verstappen dan beberapa pembalap pun menyetujui keputusan FIA. 

2. Final Liga Champions

Jika sebelumnya, final Liga Champions musim ini bakal dihelat di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg pada 28 Mei mendatang. Namun, menyusul adanya invasi yang dilakukan Rusia, hal tersebut menjadi alasan pemindahan venue pertandingan.

Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi memindahkan venue partai puncak Liga Champions 2021/22. Keputusan tersebut diambil usai UEFA mengadakan rapat dengan Komite Eksekutif (Exco), Jumat (25/2/2022).

Sebagai pengganti, UEFA telah menunjuk Stade de France sebagai venue puncak pertandingan. UEFA memutuskan gelaran tersebut di Paris usai Presiden Prancis, Emmanuel Macron mendukung hal tersebut.

3. Kualifikasi Piala Dunia 2022

Polandia bakal bertemu Rusia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kedua tim tersebut bakal bertemu di Dinamo Lev Yashin Stadium bulan depan.

Namun, skuad Polandia enggan melakukan pertandingan di stadion tersebut. Polandia meminta UEFA memindahkan venue pertandingan ke tempat yang aman dan jauh dari ancaman bahaya.

Di sisi lain, UEFA telah menerima laporan dari Timnas Polandia. UEFA pun disinyalir bakal memindahkan venue pertandingan ke tempat yang lebih aman dan netral.

4. Judo Internasional

Kompetisi Judo Internasional seharusnya akan digelar pada 20-22 Mei 2022. Namun Federasi Judo Internasional (IJF) memutuskan untuk meniadakan kompetisi bertajuk Kazan Grand Slam 2022 tersebut.

“IJF secara resmi membatalkan gelaran Kazan Grand Slam 2022 di Kazan, Rusia,” ujar Presiden IJF, Marius Vizer.

5. Piala Dunia Ski

Rusia ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah dalam penyelenggaraan Piala Dunia Ski 2022. Rencananya, akan ada lima cabang olahraga ski yang dipertandingkan di sana.

Namun, menyusul adanya serangan yang dilakukan Rusia, Federasi Ski Internasional (FIS) membatalkan gelaran Piala Dunia Ski di negara tersebut. FIS mengambil keputusan pembatalan demi keselamatan dan integritas kompetisi.

“Sebenarnya beberapa peserta sudah berada di Rusia saat ini. Namun, kompetisi yang sedianya digelar pada akhir pekan nanti terpaksa kami batalkan. Kami tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memulangkan para atlet dengan selamat,” ujar rilis FIS.

6. Badminton 

Melansir Reuters,  Badan pengelola bulu tangkis dunia (BWF) membatalkan semua turnamen yang rencananya diadakan di Rusia dan Belarus karena invasi Rusia ke Ukraina.

Bahkan, bendera kebangsaan Rusia dan Belarus dilarang dikibarkan dan demikian pula dengan lagu kebangsaan kedua negara tak boleh diperdengarkan dalam semua turnamen BWF. Tidak ada turnamen bulu tangkis lain yang akan digelar Rusia atau Belarus hingga pemberitahuan lebih lanjut.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading