Sukses

Info

6 Penyebab Jaringan Tidak Stabil yang Bikin Internet Lemot

Fimela.com, Jakarta Internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia kehidupan sehari-hari. Internet sudah bisa diakses oleh manusia di semua sudut di dunia.

Dengan adanya internet, kamu bisa melihat perkembangan dunia dengan cepat dan nyaman tanpa harus datang keluar negeri. Oleh karena itu, koneksi internet yang lancar sudah menjadi kewajiban untuk era saat ini.

Hampir semua lini kehidupan kita sudah bergantung dengan adanya internet, lalu bagaimana jadinya jika tiba-tiba jaringannya tidak stabil? Selain menyebalkan, tentunya jaringan yang tidak stabil akan membuat pekerjaanmu tersendat. Kira-kira apa ya penyebabnya? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 6 penyebab jaringan tidak stabil yang bikin internet lemot. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Jaringan Tidak Stabil

1. Pengaruh Cuaca Buruk

Penyebab jaringan tidak stabil yang pertama adalah karena pengaruh cuaca buruk. Jaringan internet akan mengalami gangguan saat cuaca sedang hujan dan angin.

Karena titik-titik hujan dan angin dapat menghambat sinyal di udara. Selain itu, cuaca buruk juga dapat mempengaruhi aliran listrik dan menyebabkan listrik padam. Sehingga internet akan sangat susah untuk digunakan.

2. Kuota Hampir Habis

Sering kali kita tidak sadar jika kuota hampir habis. Hal ini bisa menyebabkan jaringan internet jadi sangat lelet. Apalagi jika nomor handphone yang digunakan untuk internet mengalami masa tenggang. Untuk itu, seringlah melakukan pengecekan kuota pada aplikasi provider internet.

3. Berada di Wilayah yang Sulit Menjangkau Jaringan

Jaringan tidak stabil juga disebabkan karena jaringan internet yan tidak terjangkau di suatu wilayah. Walaupun di Indonesia sudah terdapat banyak wilayah yang terjangkau internet, tetapi di daerah pegunungan, pantai, banyak pepohon atau pedalaman masih susah mendapatkan jaringan sinyal. Apalagi saat ini mulai muncul jaringan internet 5G yang sangat cepat dan belum terjangkau dibanyak wilayah.

Penyebab Jaringan Tidak Stabil

4. Jaringan Internet Sibuk

Ada beberapa waktu yang disebut sebagai prime time untuk melakukan internet. Pada saat prime time, jaringan internet akan sangat sibuk. Hal ini disebabkan karena ada banyak pengguna internet pada saat prime time. Ada yang menggunakan untuk online media sosial, berbelanja di internet, atau untuk bekerja.

5. Adanya Perbaikan Jaringan

Perbaikan jaringan juga dapat menyebabkan jaringan menjadi tidak stabil. Biasanya maintance atau perbaikan internet ini dilakukan untuk menambah jaringan, seperti dari jaringan 4G menuju ke 5G. Saat ada perbaikan jaringan, internet akan sangat lemot dalam waktu yang sangat lama.

6. Sistem Ponsel Bermasalah

Penyebab jaringan tidak stabil yang terakhir adalah sistem smartphone yang bermasalah. Selain itu jika koneksi jaringanmu bagus maka akan membuat smartphone dalam menjalankan internet lancar.

Cara Menstabilkan Jaringan Internet

Jika kamu mengalami jaringan yang tidak stabil, kamu tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat jaringan internet menjadi stabil kembali. Apa saja? Yuk, cek di bawah ini:

1. Hindari Membuka Tabs Terlalu Banyak

Saat sedang mengakses internet, terkadang kita lupa atau enggan untuk menutup tabs yang sudah dibuka. Ternyata hal tersebut berpengaruh terhadap kestabilan koneksi internet.

Semakin banyak tabs yang kita buka, semakin berpengaruh pula terhadap kinerja perangkat. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari membuka tabs terlalu banyak dalam waktu bersamaan untuk menghindari lambatnya koneksi internet.

2. Memperbaharui Anti Virus

Cara menstabilkan koneksi internet yang ketiga yaitu jangan lupa memperbarui anti virus. Browser ternyata cukup rentan terserang virus. Hal ini menjadi salah satu penyebab PC atau browser berjalan lambat. Oleh sebab itu, memperbarui anti virus sangat penting dilakukan.

3. Menghubungi Layanan Internet 

Cara menstabilkan koneksi internet selanjutnya yaitu dengan menghubungi layanan internet yang kamu miliki. Hal ini karena salah satu kemungkinan lambatnya akses internet disebabkan oleh penyedia layanan.

Apabila koneksi internet tetap tidak stabil, coba lah untuk menghubungi layanan internet yang kamu miliki untuk menanyakan permasalahan tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengecek pulsa atau paketan internet.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading