Sukses

Info

Sosok Nenek Viral Ditangkap Kepolisian Rusia Setelah Protes Invasi Ukraina dan Pernah Selamat dari Perang Dunia Kedua

Fimela.com, Jakarta Selain mendapat perlawan keras dari berbagi negara lain, perang yang dipimpin Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina juga mendapatkan penolakan keras dari warga Rusia itu sendiri.

Sejak hari pertama invasi, banyak warga Rusia turun ke jalan bahkan dalam jumlah yang tidak sedikit. Mereka bergabung dalam demonstrasi anti-perang. Sayangnya, protes tersebut diakhir dengan penahan orang.

Namun, melansir BBC, sebuah video menjadi viral. Video tersebut merekam seorang nenek yang berteriak "Tidak untuk perang". Seruannya tersebut membuat polis datang untuk menahannya.

Setelah penahan, dirinya pun teridentifikasi sebagai aktivis dan artis bernama Yelena Osipova.

Di media sosial, netizen memuji nenek itu atas keberaniannya, mereka mengutuk tindakan keras Rusia terhadap pengunjuk rasa anti-perang dan menyebut pasukan polisi pengecut karena menangkap orang tua dan bahkan anak-anak.

"Pemerintah macam apa yang takut pada wanita tua yang memegang plakat?" tanya seorang pengguna media sosial, yang lain mengecam Putin karena "melupakan sejarah Rusia".

Pernah selamat dari pengepungan

Melansir hitc.com, Osipova dikatakan selamat dari pengepungan Leningrad, yang terjadi pada tahun 1941 dalam Perang Dunia Kedua dan melibatkan kematian ratusan ribu warga sipil.

Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, spanduk Osipova berbunyi: “Nak: jangan pergi ke perang ini! Tentara! Jatuhkan senjata Anda dan Anda akan menjadi pahlawan sejati! Jangan tembak!”

Pengepungan Leningrad terjadi pada bulan September 1941 setelah tentara Jerman yang didukung oleh pembantu dari Finlandia membentuk blokade di sekitar kota Rusia.

Pengepungan dimulai pada 8 September 1941 ketika Wehrmacht memotong jalan terakhir ke kota dan selesai pada 27 Januari 1944. Ini berarti pengepungan berlangsung selama 872 hari.

Pengepungan Leningrad mengakibatkan kematian sekitar 800.000 warga sipil, yang hampir sama dengan kematian Perang Dunia Kedua yang diderita oleh gabungan AS dan Inggris.

Pada tahun 1944, New York Times menulis, ”Hampir tidak ada kesejajaran dalam sejarah untuk ketekunan begitu banyak orang dalam waktu yang begitu lama. Leningrad berdiri sendiri melawan kekuatan Jerman sejak awal invasi.

"Ini adalah kota yang diselamatkan oleh keinginannya sendiri, dan pendiriannya akan hidup dalam sejarah sebagai semacam mitos heroik."

Protes Anti-Perang bergema di Seluruh Rusia

Demonstrasi anti-perang telah terjadi di lebih dari 100 kota Rusia sejak invasi negara itu ke Ukraina, menurut kelompok pemantau hak asasi manusia Rusia yang independen OVD-Info.

Kritikus terkemuka Kremlin Alexei Navalny mengeluarkan seruan dari penjara kepada orang-orang Rusia, menyerukan mereka untuk melakukan protes setiap hari terhadap invasi ke Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, dilaporkan oleh Independent, Navalny menulis: “Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Dimanapun kamu berada. Di Rusia, Belarusia atau di sisi lain planet ini. Pergilah ke alun-alun utama kota Anda setiap hari kerja pukul 19.00 dan pukul 14.00 di akhir pekan dan hari libur.”

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading