Sukses

Info

Telah Dimakamkan Hari Ini, Ridwan Kamil Berikan Alasan Siapkan Tempat Peristirahatan Terakhir Istimewa untuk Eril

Fimela.com, Jakarta Anak Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah dimakamkan hari Senin (13/3/2022). Rombongan jenazah pun berangkat dari Gedung Pakuan Kota Bandung pada pukul 09.00 WIB menuju pemakaman keluarga di kawasan Cimaung, Bandung.

Sepanjang jalan dari Gedung Pakuan hingga menuju ke pemakaman masyarakat pun ikut berbaris sambil melantunkan Solawat yang dilalui iring-iringan rombongan jenazah Eril

Eril pun telah diberikan tempat istimewa untuk peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga berlokasi di pembangunan Islamic Center, Kampung Cibeas Kecamatan Cimaing Kabupaten Bandung Jawa Barat. Berjarak 30 kilo meter dari rumah dinas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya pun mengatakan jika Eril dimakamkan di samping sebuah masjid yang dirancang olehnya sendiri yang diberi nama Masjid Al Mumtadz.

"Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil dalam akun instagramnya, @ridwankamil.

Masjid yang dirancang dan sedang dibangun oleh Ridwan Kamil tersebut, sama dengan nama putra sulungnya, yakni Masjid Al Mumtadz.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," kata Ridwan Kamil.

Dalam unggahan tersebut ditampilkan sketsa gambar tentang peti jenazah, desain pemakaman, hingga desain sebuah masjid.

Eril Lahir di New York dan Wafat di Swiss

Sebelum diberangkatkan ke pemakaman, Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan Eril lahir di New York, Amerika Serikat pada 25 Juni 1999. 

Almarhum kemudian tumbuh besar di Indonesia, Bandung. Ia pun telah menuntaskan pendidikan S1 nya di kampus ternama ITB dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara.

Saat ingin melanjutkan pendidikannya, Eril bersama ibu dan adiknya pergi ke Swiss. Kejadian tak terduga menimpa dirinya, disela kesibukannya Eril berwisata air namun ia terseret arus Sungai Aare di kota Bern, Swiss pada 26 Mei lalu setelah menolong sang adik. 

Setelah sekitar seminggu hingga dua minggu pencarian dilakukan, keluarga pun menyatakan dengan ikhlas Eril wafat di Bern, Swiss. 

Kemudian pada 9 Juni lalu, Ridwan Kamil mengajukan cuti saat mendapatkan informasi jasad Eril telah ditemukan dan dievakuasi pada 8 Juni sebelumnya dari pintu air Engelhade.

Hingga akhirnya jenazah pun diterbangkan ke Indonesia lalu dimakamkan esok harinya di kampung halang sang ibunda. 

Selamat jalan Eril, kenangan indah dan kebaikanmu semasa hidup akan terus dikenang. 

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading