Sukses

Info

Imbas Belum Dapat Visa, Sebanyak 4.000 Calon Jemaah Haji Furoda Gagal Berangkat

Fimela.com, Jakarta Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) calon haji Furoda gagal berangkat ke Arab Saudi. Diperkirakan jumlahnya lebih dari 4.000 calon haji.

Haji Furoda merupakan pelaksanaan haji dari undangan langsung kerajaan Arab Saudi. Adapun visa dikeluarkan oleh setiap kedutaan negara tanpa menunggu antrian. Program haji ini legal, namun di luar kuota haji Pemerintah Indonesia.

Namun, Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi mengatakan, ribuan calon haji Furoda gagal berangkat karena belum mendapat visa dari Arab Saudi. Mereka dipastikan tidak berangkat karena puncak haji jatuh pada 8 Juli nanti.

Syam menduga calon Jemaah itu belum mendapat visa dikarenakan kuota haji internasional sebesar 1 juta sudah terisi. Seperti yang diketahui, Arab Saudi pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 tahun ini menerapkan kuota haji sebesar 1 juta.

“Sampai saat ini masih ada sekitar 4.000-an (orang) yang belum dapat visa. Karena KSA (pemerintah Arab Saudi) sudah menentukan kuota haji 1 juta (seluruh dunia) sehingga jika sudah penuh tidak akan ada kuota tambahan lagi,” ujarnya pada Minggu (3/7/2022), seperti yang dikutip Fimela dari Liputan6.com.

Berangkat Tahun Depan

Karena belum memiliki Visa, keberangkatan calon jemaah haji Furoda yang diakomodir Sapuhi ini batal berangkat. Keputusan pembatalan keberangkatan ini dikeluarkan Sapuhi tertanggal 2 Juli 2022 nomor 341.ADM/DPP/SAPUHI/VI2022 yang sudah ditandatangani Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi dan Sekretaris Jenderal Sapuhi Ihsan Fauzi Rahman.

“Keberangkatan haji konsorsium Sapuhi tahun 2022 dibatalkan,” tulis dalam poin keputusan Sapuhi.

Dengan demikian, Sapuhi menyebut akan memberangkatkan calon haji Furoda pada tahun 2023 nanti. Untuk itu, ia meminta Jemaah bisa melakukan konfirmasi sesuai penjadwalan ulang tersebut ke pihak Sapuhi.

Selain itu, Sapuhi menyebut bagi calon Jemaah haji Furoda yang tidak membatalkan serta tetap melanjutkan di tahun 2023, akan diberikan kompensasi berupa umroh gratis pada periode November 2022, Januari-Maret 2023 nanti.

“Bagi Jemaah yang sudah melunasi dan tidak membatalkan serta tetap melanjutkan di tahun 2023, akan diberikan kompensasi hadiah umroh gratis pada periode November 2022, Januari-Maret 2023 di Konsorsium Umrah SAPUHI,” tulis keputusan nomor 3.

 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading