Sukses

Info

Tema HUT RI ke-77 Dibuat dalam Logo Sederhana Tapi Penuh Makna

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Agustus, masyarakat Indonesia bersiap untuk menyambut HUT RI ke-77. Dalam rangka menyambut peringatan HUT RI biasanya akan ditentukan sebuah tema, lengkap dengan logonya.

Tahun ini, tema HUT RI ke-77 bertajuk "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Tema ini hadir dengan logo HUT RI ke-77 yang sederhana.

Logo untuk HUT RI ke-77 menampilkan angka 77 yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Hal ini menjadi refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia.

 

Makna tema dan logo HUT RI ke-77

Pemilihan tema HUT RI ke-77 dan logo ini mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. Mengutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berikut makna dan filosofi dari logo HUT RI ke-77.

  1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan): Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.
  2. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan): Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progres danpembangunan segala sektor di Indonesia.
  3. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan): Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.
  4. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila): Garis miring dan sudut runcing,yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkitl ebih kuat dan tangguh
  5. Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan): Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.
  6. Sudut Penghubung (Penghubung antarbangsa): Sudut penghubung melambangkanperan Indonesia pada forum G20 dalammempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.
  7. Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia): Siluet angka satu melambangkansemangat persatuan BhinnekaTunggal Ika sebagai semboyanbangsa Indonesia yang besar, kuat,dan bersatu.

Logo ini bisa diunduh masyarakat di laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Sehingga masyarakat bisa menyebarluaskan tema dan logo HUT RI ke-77 di media sosial masing-masing.

 

Mengundang masyarakat ikut upacara

Tidak hanya menentukan tema dan logo HUT RI ke-77, Sekretariat Presiden juga turut mengajak masyarakat Indonesia untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2022.

Perayaan HUT RI ke-77 akan berbeda dibandingkan dua tahun sebelumnya karena upacara ini akan dihadiri oleh tamu secara offline dalam jumlah terbatas dan secara online.

Masyarakat yang ingin mengikuti upacara tersebut, Sekretariat Presiden membuka pendaftaran secara resmi melalui laman Pandang Istana. Pendaftaran telah dibuka mulai Selasa (2/8/2022).

 

Jumlah undangan yang disediakan

"Mari bergabung bersama kami dalam memperingati detik-detik proklamasi yang ke-77 di pandang.istanapresiden.go.id," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari siaran pers.

Sekretariat Presiden membuka 77ribu undangan untuk mengikuti upacara secara virtual. Sementara untuk upacara offline, dibuka untuk 2.500 undangan untuk Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta dan 2.500 undangan untuk Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

What's On Fimela
Loading