Sukses

Info

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Mahkota Kerajaan Berpindah ke Pangeran Charles

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari Istana Buckingham, Inggris, pada Kamis (8/9/2022) petang waktu setempat. Ratu Elizabeth II dikabarkan telah meninggal dunia.

Kabar ini dikonfirmasi langsung lewat akun media sosial Buckingham Palace. Dalam postingan di Instagram, akun The Royal Family tersebut mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun. 

“Sang Ratu meninggal dengan tenang di Istana Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok,” tulis pengumuman tersebut.

Dilansir BBC, sebelumnya, Ratu Elizabeth II sempat dikabarkan kritis dan mendapatkan perawatan intensif dari dokternya di Istana Balmoral. Dokter mengatakan bahwa kondisi kesehatan sang Ratu kian memburuk sejak Kamis pagi. Pada Rabu malam sebelumnya, Ratu Elizabeth tiba-tiba membatalkan pertemuan virtual dengan anggota dewan penasihatnya setelah dokter menyarankannya untuk beristirahat.

Istana juga sempat mengonfirmasi bahwa sang Ratu menderita "gangguan mobilitas episodik" sejak akhir tahun lalu. 

Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris

Setelah kematian Ratu Elizabeth II, putranya, Pangeran Charles naik takhta menjadi Raja Inggris. Keluarga Kerajaan pun merilis pernyataan yang dikeluarkan atas nama Charles, Raja Inggris yang baru di akun Instagramnya.

Dalam pernyataan tersebut, Charles menyampaikan rasa bela sungkakwa yang besar untuknya dan keluarga pasca Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Berikut pernyataan resmi pertama Charles sebagai Raja Inggris yang baru:

Pernyataan dari Yang Mulia Raja

Meninggalnya Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya.

Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang Ibu yang sangat kami cintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu dipegang secara luas.

Charles akan meninggalkan gelar lamanya sebagai Prince of Wales, menjadi Raja Charles III. Ini menjadikannya pewaris tertua dan terlama dalam sejarah Inggris pada usia 73 tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading