Sukses

Info

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran William dan Kate Middleton Sandang Status Baru

Fimela.com, Jakarta Sesaat setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022), putra sulungnya, Pangeran Charles langsung naik tahta secara resmi menjadi raja Kerajaan Inggris dan wilayah Persemakmuran. Pangeran Charles menggantikan posisi ibunya sebagai penguasa Inggris yang sudah 70 tahun memimpin.

Saat Pangeran Charles naik tahta, otomatis akan ada perubahan status dan gelar. Lantas bagaimana dengan istrinya Camilla, Pangeran William, dan Kate Middleton yang menjadi garis keturunan secara langsung penerus tahta Kerajaan Inggris?

Mengutip dari Harpers Bazaar, Pangeran Charles yang kini diangkat raja akan dikenal sebagai Raja Charless III. Sementara, sang istri Camilla, yang sebelumnya dikenal sebagai Duchess of Cornwall, kini akan diakui sebagai Queen Consort atau permaisuri.

Berikut penjelasan terkait perubahan status dari para penerus tahta Kerajaan Inggris.

1. Raja Charles III

Sejak lama, Pangeran Charles akan disebut sebagai Raja Charles III sebagai tahta. Namun ternyata tidak semua raja Inggris menggunakan nama yang diberikan saat aksesi. Seperti misalnya saja nama kakek Charles setelah dibaptis adalah Albert Frederick Arthur George. Namun setelah menjadi raja, ia mengambil nama kerajaan George IV.

Pemilihan nama Raja Charles III ini merupakan langkah Pangeran Charles yang ia ikuti dari ibunya. Di mana pada Ratu Elizabeth II naik tahta pada 70 tahun lalu, ia melanggar tradisi dengan memutuskan untuk tetap menggunakan nama aslinya.

 

2. Camilla

Setelah Camilla dan Charles menikah pada 2005, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Camilla akan mengambil gelar permaisuri ketika Charles naik takhta. Dalam sebuah surat yang dirilis sehari sebelum perayaan 70 tahun naik takhta, Ratu Elizabeth II mengatakan,

"Ketika, pada waktunya, putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu Anda akan memberinya dan istrinya Camilla dukungan yang sama. yang telah Anda berikan kepada saya; dan merupakan harapan tulus saya bahwa, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia," tulis Ratu Elizabeth II.

Gelar Permaisuri secara tradisional diberikan kepada pasangan raja yang memerintah, sementara Ratu hanya diberikan kepada penguasa wanita. Oleh karena itu, mendiang Ratu Elizabeth II mewarisi gelarnya setelah ia naik takhta setelah kematian ayahnya, Raja George VI, sementara Camilla diberikan gelarnya karena pernikahannya dengan Charles.

Meskipun ada kehalusan di antara judul-judulnya, nama Camilla kemungkinan akan tetap disebut sebagai Ratu Camilla.

 

3. Pangeran William dan Kate Middleton

Pangeran William dan Duchess Kate memperbarui gelar mereka di media sosial setelah kematian ratu. Selain menjadi Duke dan Duchess of Cambridge, mereka kini juga menjadi Duke dan Duchess of Cornwall. Keduanya mengadopsi gelar Cambridge pada tahun 2011, setelah pernikahan mereka, dan gelar Cornwall baru mereka adalah gelar yang mereka warisi dari Charles dan Camilla, yang sekarang menjadi Permaisuri Raja dan Ratu.

Bio Twitter mereka sekarang berbunyi, "Akun resmi The Duke and Duchess of Cornwall dan Cambridge dan Royal Foundation, yang berbasis di Istana Kensington."

William kemungkinan juga akan mewarisi gelar Pangeran Wales dari ayahnya, gelar yang secara tradisional diberikan kepada pewaris takhta.

Tidak jelas apakah perubahan gelar ini juga akan memengaruhi tiga anak Cambridge, yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

What's On Fimela
Loading