Sukses

Info

Sangat Mudah, Begini Cara Cek Tagihan Listrik di Aplikasi PLN Mobile

Fimela.com, Jakarta Melakukan segala hal kini menjadi semakin mudah seiring majunya teknologi, salah satunya adalah mengecek tagihan listrik yang sekarang dapat dilakukan dari rumah melalui smartphone masing-masing. Agar selalu bisa menikmati aliran listrik di rumah, sebagian orang terkadang memiliki budget tersendiri untuk membayar tagihan listrik. Namun, hal ini menjadi sulit direncanakan jika tagihan listrik sulit untuk dicek atau diketahui nominalnya

Demi kemudahan dan kenyaman para pelanggannya, PT PLN (Persero) menghadirkan layanan dalam aplikasi PLN Mobile. PT PLN (Persero) yang terus bertransformasi dalam melayani pelanggan, kini menghadirkan layanan catat meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile yang nantinya akan memudahkan para pelanggan untuk mengecek atau mengetahui tagihan listrik di rumah mereka. Melansir dari website web.pln.co.id, berikut cara menggunakan layanan cek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile. 

Cara menggunakan layanan di PLN Mobile

PLN Mobile merupakan sebuah aplikasi dari PT PLN (Persero) yang berisi berbagai layanan terkait penggunaan listrik. Setiap layanan yang tersaji di aplikasi PLN Mobile sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016. Salah satu layanan yang tersedia di dalam aplikasi PLN Mobile adalah catat meter mandiri dan cek tagihan listrik yang tentunya bertujuan untuk memudahkan para pelanggannya.

Berikut cara membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile yang termasuk juga pengecekan tagihan listrik:

1. Buka aplikasi PLN Mobile

2. Pilih menu Catat Meter

3. Pilih ID Pelanggan

4. Foto angka stand meter yang ada di kWh meter

5. Masukkan angka stand meter

6. Tekan tombol 'Kirim'

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik pun akan segera muncul. Kemudian, tagihan listrik juga akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Selain itu, pembayaran tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di App Store maupun Play Store secara gratis.

Pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan

Seperti yang dikatakan oleh Excecutive Vice President Komunikasi dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan bahwa layanan catat meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile ini merupakan salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulannya. Dengan begitu, pelanggan juga akan bisa mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan mereka. Pencatatan meter mandiri ini dapat dilakukan antara tanggal 24 hingga 27 setiap bulannya.

Hadirnya layanan PLN Mobile juga diharapkan dapat memudahkan pelanggan karena tidak harus repot-repot lagi pergi ke kantor PLN untuk melakukan transaksi kelistrikan, seperti pasang baru, ubah daya, bayar tagihan, hingga baca meter mandiri. Para pelanggan diharapkan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan selama menggunakan layanan yang ada di aplikasi PLN Mobile.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading