Sukses

Info

Program Kampus Mengajar Berikan Kesempatan Bagi Mahasiswa untuk Berinovasi dalam Pengabdian Mengajar

Fimela.com, Jakarta Pemerintah Indonesia dan Kemendikbudristek terus berikan kebijakan dan program yang inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah Kampus Merdeka. Dalam Kampus Merdeka terdapat beberapa program yang bisa diikuti oleh mahasiswa jenjang vokasi maupun strata 1. Kampus Mengajar merupakan salah satu program yang terdapat dalam Kampus Merdeka.

Melansir dari kampusmerdeka.kemdikbud.go.id dan ditpsd.kemdikbud.go.id, Kampus Mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas selama 1 (satu) semester.

Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran.

Program kampus mengajar ini memiliki tujuan, yaitu untuk memberikan solusi kepada sekolah yang terdampak pandemi dengan memberdayakan mahasiswa yang berada di sekitar sekolah tersebut.

Dengan dukungan LPDP dan Kementerian Keuangan, program Kampus Mengajar menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran terutama di masa pandemi COVID-19, khususnya yang berada di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Pendidikan anak-anak Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan, sehingga menimbulkan ancaman yang besar di satuan pendidikan yaitu terjadinya learning loss akibat adanya pandemi COVID-19 ini.

Learning loss sendiri dapat diartikan sebagai hilangnya pengetahuan dan keterampilan siswa, baik secara spesifik atau umum, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena faktor tertentu. Namun, perlu diketahui bahwa berbagai upaya telah dilakukan baik oleh negara maupun masyarakat untuk mengatasi problametika ini.

Kehadiran mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ke sekolah, diharapkan dapat memberikan dampak terhadap penguatan literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan juga perbaikan manajerial di sekolah, sehingga program ini bisa diterapkan di mana saja.

Alasan mengapa harus ikut Kampus Mengajar

1.Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar.

2. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan minat, semangat, dan keinginan mahasiswa.

3. Mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

4. Mahasiswa dapat terlibat langsung sebagai mitra guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di sekolah sasaran dalam menyusun dan melaksanakan strategi pembelajaran di sekolah

5. Berkontribusi secara langsung sebagai agen perubahan dalam pendidikan Indonesia

6. Mengasah jiwa kepemimpinan, pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, berpikir analitis, kreativitas, dan inovasi langsung dari lapangan

7. Menambah jejaring pertemanan dengan sesama mahasiswa di sekolah penempatan

Syarat pendaftaran Kampus Mengajar

Untuk mendaftar pada program kampus merdeka ini, ada beberapa persyaratan yang harus mahasiswa penuhi, antara lain adalah

1.Mahasiswa aktif baik akademik maupun vokasi

2. Berasal dari program studi yang terakreditasi pada Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta yang ada di bawah naungan Kemendikbudristek.

3. Mahasiswa minimal berada di semester 4 pada saat pelaksanaan program Kampus Mengajar

4. Memiliki IPK minimal 3,00

5. Memperoleh surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi, minimal ditandatanagi oleh Wakil Dekan

6. Mengunggah Surat Fakta Integritas

7. Mengunggah Transkrip Nilai

8. Mengunggah Surat Izin Orangtua

9. Mengunggah Surat Keterangan Sehat

10. Mengunggah dokumen tambahan, seperti: sertifikat prestasi, pengalaman mengajar, atau pengalaman organisasi

11. Belum pernah ditetapkan sebagai peserta program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya

12. Bersedia mengikuti program hingga selesai.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading