Sukses

Info

Kemendikbudristek Bikin Belajar.id, Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya

Fimela.com, Jakarta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek menghadirkan akun pembelajaran Belajar.id. Tujuannya untuk memudahkan siswa dan guru dari berbagai satuan pendidikan dalam mengakses kebutuhan kegiatan belajar mengajar.

Di platform ini, siswa dan guru dapat mengakses beragam aplikasi yan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka atau jarak jauh. Peserta didik dari berbagai jenjang bisa mengakses akun pembelajaran ini. Mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

"Akun Pembelajaran merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran," tulis Pusat Bantuan Akun Pembelajaran, dikutip Selasa (22/2/2022).

 

 

Manfaat dari Belajar.id

Tidak hanya sekadar memudahkan pelaksanaan belajar mengajar secara jarak jauh maupun tatap muka, laman belajar.id ini juga dapat menyimpan dokumen secara online dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas.

Hadirnya Akun Pembelajaran seperti ini akan mempermudah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seperti konferensi video, dokumen daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain.

Selain itu, siswa dan guru juga bisa mengakses dan memanfaatkan Chromebook sekaligus menjadi jalur informasi resmi Kemendikbudristek. Penggunaan Akun Pembelajaran sendiri tidak dipungut biaya atau gratis.

 

Cara mendapatkan akun

Untuk mendapatkan akses ke laman belajar.id terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri.

1. Buka halaman belajar.id

2. Isi data diri berupa Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung, Tipe Pengguna, Tanggal Lahir, dan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).

3. Kirim detail akun ke email untuk mendapatkan password.

4. Cek akun dengan User ID dan password pada email yang telah didaftarkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading