Sukses

Info

Cara Menghindari Penipuan Tiket Konser Suga BTS Jalur Calo

Fimela.com, Jakarta Hai, Army! Siapa nih yang kemarin ikut war tiket konser Agust D in Jakarta tapi sayangnya tidak kebagian? Kabarnya tiket konser Suga, member BTS ini terjual habis hanya dalam beberapa menit. Tidak salah sih, antusias yang meledak dari Army Indonesia setelah menunggu mereka selama 7 tahun lamanya untuk datang ke Indonesia.

Tingginya permintaan tiket konser ini membuat banyak penjual tiket calo beredar di berbagai media sosial. Bagi penggemar yang sangat ingin bertemu namun kehabisan tiket, bisa saja mereka langsung membelinya melalui calo. Namun, kesempatan ini justru sering menjadi momen bagi mereka untuk mengambil untung dengan cara yang tidak pantas. Banyak dari mereka mematok harga tinggi dan ujung-ujungnya menipu. 

Nah, agar Sahabat Fimela yang ingin membeli tiket konser yang sedang high demand dan terhindar dari penipuan, Fimela akan memberi beberapa tipsnya, nih. Apa saja, sih? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Cek Identitas Penjual

Karena harga tiket konser tidak murah, kamu harus berhati-hati jika ditawari tiket melalui media sosial. Sebelum membuat perjanjian, alangkah baiknya kamu riset akun si penjual, apakah terlihat mencurigakan atau tidak. Kamu juga bisa cek melalui nomor telfon dengan mencari nama kontaknya melalui aplikasi pelacak. Jika kamu memang sudah mulai yakin, pastikan kamu menyimpan KTP atau identitas pribadi miliknya sebagai jaminan.

2. Meminta Bukti Tiket dan Pembayaran

Jika kamu sudah yakin dan mulai setuju, sebaiknya kamu minta bukti tiket yang dia beli beserta bukti pembayarannya. Kamu harus tahu apakah dia benar-benar membeli tiketnya atau tidak. Cara mengetahui bahwa tiket itu valid adalah dengan cek series number atau booking code-nya. Perhatikan juga format font dari screenshot-an tiket, jika kamu melihat secara detail, kamu bisa membedakan mana tiket palsu atau asli. 

3. Minta untuk COD di Venue

Jika sang penjual meminta pembayaran melalui transfer, lebih baik kamu hindari. Cara terbaik agar terhindar dari penipuan adalah menggunakan metode COD di venue. Metode ini cenderung aman karena proses transaksi berlangsung secara tatap muka dan kamu dapat melihat kevalidan dari tiket konser. Biasanya penjual yang memperbolehkan sistem ini dapat dipercaya. Namun jika kamu diminta untuk membayar uang muka terlebih dahulu, lebih baik cari penjual lain. 

4. Jangan Impulsif

Saat kamu terburu-buru ingin mendapatkan tiket, kamu tidak dapat berpikir jernih dan kamu akan abai dari tanda-tanda modus sang penipu. Hal ini rawan bagimu untuk ditipu. Banyak pula penjual yang menawarkan tiket dengan harga yang tidak waras. Biasanya hal ini terjadi menjelang konser dimulai. Jangan mudah tergiur ya.

5. Membeli Secara OTS (On The Spot)

Biasanya saat menjelang konser, sang promotor akan mengumumkan penjualan tiket secara OTS. Mereka sudah menyisakan beberapa tiket untuk dijual secara on the spot. Jadi lebih baik kamu sabar terlebih dahulu dan jangan tergiur oleh tawaran tiket melalui media sosial. Tiket OTS dapat dibeli sehari sebelum atau hari konser berlangsung. Selain aman, harga yang ditawarkan sama dengan harga pada umumnya. Benefit dari membeli tiket OTS adalah antriannya tidak begitu panjang, dan kamu tidak perlu menukar lagi tiket karena tiket sudah langsung berbentuk fisik. 

Nah, itu dia 5 cara agar kamu terhindar dari penipuan tiket konser bodong. Selain aman, kamu jadi bisa menikmati konser idola dengan nyaman dan asyik. Tetap waspada dan selamat menikmati konser!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading