Sukses

Info

Mengenal Post Concert Depression dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sejak pertengahan tahun lalu, festival musik yang sempat mati sudah pulih kembali. Sudah banyak konser musik yang kembali diselenggarakan untuk menghibur para masyarakat dan penggemar setianya. Mulai dari musisi lokal seperti Sheila On 7 dan Dewa 19, hingga musisi internasional seperti Seventeen dan Suga BTS.

Kembali aktifnya kegiatan konser ini menjadi kesempatan bagi para artis untuk menyapa para penggemarnya secara langsung. Banyak para penggemar yang antusias menantikan hari dimana mereka bertemu sang idola. 

Biasanya para penggemar suka mengunggah momen mereka saat menonton konser. Tak jarang pula mereka menyebut istilah post concert depression. Namun, apa sebenarnya makna dari post concert depression itu? Mari kita simak selengkapnya berikut ini. 

PCD (post concert depression), istilah apa itu?

Post Concert Depression atau yang lebih sering disebut sebagai PCD adalah keadaan dimana para penggemar merasakan perasaan sedih yang cukup tinggi setelah konser usai dilaksanakan. Biasanya mereka akan merasa kehilangan karena ada perubahan emosi setelah konser selesai. Mereka merasa kehilangan euforia karena harus kembali pada dunia nyata. 

Munculnya perasaan ini bisa berbeda pada setiap orang. Ada yang merasakan PCD sehari atau beberapa hari setelah konser, ada pula yang merasakannya bahkan setelah konser benar-benar selesai dan lampu di dalam venue dinyalakan. Sebenarnya kondisi ini tidak begitu membahayakan. Tetapi kondisi ini tetap berpengaruh pada kehidupan sehari-hari, seperti kurang semangat. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jika kamu merasakan PCD atau post concert depression yang berkepanjangan, inilah tips untuk menghadapinya. 

1. Usahakan diri untuk menerima kenyataan

PCD ini bisa diibaratkan dengan gagal move-on sama mantan, sulit sekali untuk melupakannya. Ketika konser berlangsung dan bertemu sang idola yang telah ditunggu, ada perasaan bahagia yang memuncak dan membuat lupa akan semua hal. Tetapi kamu harus sadar, bahwa kebahagiaan yang kamu rasakan secara langsung hanya bersifat temporer. Kamu harus kembali ke kehidupan nyata dan menjalani hidup seperti biasanya. Memang sulit, namun pelan-pelan asal lakon, toh?

2. Bersyukur

Memang sih cara satu ini terlihat sepele, but it works! The least thing you can do is be grateful. Cobalah bersyukur dengan apa yang sudah kamu dapat. Hal yang selalu kamu tunggu dan impikan sudah terwujud. Kamu berkesempatan untuk melihat sang idola secara langsung. Bersyukurlah dan nikmati segala momen yang sudah lewat. 

3. Reminiscence the moment

Cara selanjutnya untuk mengatasi PCD adalah dengan mengenang kembali momen-momen berharga. Saat konser pasti kamu mengabadikan banyak momen, kan? Nah, kamu bisa melihat-lihat kembali dokumentasi saat konser. Mungkin kamu juga bisa membuat konten seperti video reels yang berisi kompilasi momen saat konser. Biar makin kerasa, kamu bisa mendengar kembali lagu-lagu yang menjadi set list saat konser dan sing along. 

4. Berinteraksi dengan penggemar lain

Kalau PCD kamu ngga ilang-ilang, mungkin kamu bisa bertemu atau sekadar berinteraksi dengan sesama penggemar lainnya. Kamu bisa join community ataupun group chat yang berisi penggemar yang juga merasakan hal sama. Disitu kamu bisa luapkan semua perasaanmu, setidaknya mereka akan paham dan mengerti apa yang sedang kamu rasakan. 

5. Distraksi diri

Cara terakhir yang dijamun ampuh untuk menghadapi PCD adalah mendistraksi diri dengan melakukan kegiatan bermanfaat atau sekadar menghibur. Daripada sibuk menggalau, mending kamu isi kegiatan yang dapat membuat keuntungan bagimu, seperti menghasilkan pemasukan. Pemasukan yang kamu dapat bisa ditabung untuk konser selanjutnya. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan untuk menghibur adalah dengan menonton konten-konten lucu dari sang idola. 

Sahabat Fimela, itu dia pembahasan mengenai post concert depression atau PCD, dan beberapa tips agar kamu bisa mengatasi kondisi tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu keluar dari situasi tersebut. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading