Sukses

Info

Emirates A380 Menjadi Pesawat Komersial Pertama yang Mendarat di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Hubungan antar negara memiliki peran yang sangat penting dalam dinamika dunia yang semakin terhubung dan saling bergantung. Mempertahankan hubungan baik dengan negara lain bukan hanya penting untuk keamanan dan stabilitas global, tetapi juga memiliki dampak langsung pada kepentingan ekonomi, politik, dan sosial pada suatu negara.

Dilansir dari United Nations, hubungan yang baik antara negara juga memperluas kesempatan kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, budaya, dan pendidikan. Dalam konteks penerbangan, kerjasama antarnegara dapat mencakup pengembangan rute baru, peningkatan layanan penerbangan, dan pertukaran pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Indonesia baru-baru ini menyambut baik kedatangan pesawat A380, andalan dari maskapai penerbangan Emirates yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) pada hari Rabu, 1 Juni 2023. Pendaratan ini menandai sejarah penerbangan komersial dengan pesawat A380 pertama di Indonesia.

Pesawat dengan nomor penerbangan EK368 berangkat dari Dubai pada pukul 03:20 waktu setempat dan tiba di Bali pada pukul 16:35 WITA. Selanjutnya, pesawat A380 dengan nomor penerbangan EK369 dijadwalkan berangkat pada pukul 19:40 WITA dan tiba di Dubai pada pukul 00:45 waktu setempat.

Kedatangan pesawat terbesar di dunia ini disambut dengan meriah menggunakan meriam air saat mendarat dengan mulus di Bali. Suasana antusias juga terasa di dalam pesawat maupun di antara penumpang lain di bandara. Pendaratan pertama pesawat A380 di Indonesia tentunya disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia, YM Abdulla Salem AlDhaheri, dan CEO VFS Global, Zubin Karkaria.

 

 

 

Tak hanya memenuhi permintaan pelanggan, beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai kerja sama yang semakin kuat dengan Indonesia

Orhan Abbas, Senior Vice President, Commercial Operations, Far East Emirates, mengungkapkan kebahagiaannya atas keberhasilan armada A380 mendarat di Bali.

"Kami sangat bahagia karena armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Pencapaian ini merupakan hasil kerja seluruh tim selama berbulan-bulan, mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi yang apik. Awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen kami pada pasar Indonesia, serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan otoritas bandara I Gusti Ngurah Rai dan pemerintah lokal. Kami siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380, sekaligus merespons tingginya permintaan perjalananinternasional dengan pesawat Super jumbo menjadi salah satu dari dua layanan harian ke pulau Bali.” ucap Orhan Abbas seperti tertulis dilansir dari Emirates.com.

Pentingnya momen ini juga disampaikan oleh Mohammad Al Attar, Emirates Country Manager untuk Indonesia. Ia menyatakan bahwa penerbangan A380 ke Denpasar akan memberikan kontribusi signifikan dalam melayani peningkatan permintaan pelanggan. Emirates berharap bahwa tonggak sejarah ini akan memperkuat operasi mereka di Indonesia dan mendukung rencana komersial di masa depan.

Menyambut baik kedatangan dari maskapai Emirates, Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, turut menyampaikan ucapan selamat datang untuk pesawat A380 Emirates di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Kami ucapkan selamat datang untuk pesawat A380 Emirates di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Ini merupakan tonggak sejarah yang membanggakan bagi industri penerbangan di Indonesia pada umumnya, serta bagi Angkasa Pura I khususnya. Kami berharap momentum ini dapat menjadi katalisator bagi proses recovery pariwisata dan perekonomian Bali dan juga secara nasional" ucap  Faik Fahmi.

Emirates berencana akan mengoperasikan A380 di Bali dengan armada kelas Bisnis dan Ekonomi

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, juga menyambut kedatangan pesawat A380-800 tersebut dengan menyampaikan bahwa pihak Kementerian Perhubungan bersama Angkasa Pura I dan Tim Emirates telah melaksanakan evaluasi fasilitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Bandara ini telah memenuhi spesifikasi untuk melayani penerbangan Airbus A380-800. Langkah-langkah yang diperlukan, seperti pergerakan penumpang dari pesawat ke terminal atau sebaliknya, sudah disiapkan dengan adanya garbarata atau aviobridge dengan dua belalai untuk mengakomodasi pesawat Airbus A380-800.

Pesawat A380 Emirates yang melakukan penerbangan perdana ini memiliki tiga kelas kursi. Para pelanggan, delegasi VIP, dan otoritas bandara dapat menikmati fitur dan produk khas A380, termasuk suite kelas utama yang telah meraih penghargaan. Di masa depan, Emirates akan mengoperasikan A380 di Bali dengan armada yang memiliki dua kelas, menawarkan 58 kursi berbaring di kelas Bisnis dan 557 kursi di Kelas Ekonomi.

Sebelumnya, Emirates sudah melayani rute ke Indonesia sejak tahun 1992 dengan penerbangan ke Jakarta, dan kemudian menambahkan penerbangan harian non-stop dari Dubai ke Bali pada tahun 2015. Saat ini, Emirates memiliki 28 penerbangan mingguan ke Bali dan Jakarta, serta meningkatkan konektivitas ke 29 kota domestik lainnya melalui kerja sama dengan Garuda Indonesia dan Batik Air.

Selain memperkenalkan pesawat A380, Emirates juga menunjukkan komitmen jangka panjangnya dalam memperkuat sektor penerbangan dan pariwisata di Indonesia melalui inisiatif lainnya. Pada bulan Mei, Emirates telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang menegaskan komitmen mereka untuk mengembangkan program dan pemasaran yang dirancang bersama untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata pilihan bagi turis mancanegara.

Keunggulan dari pesawat A380 Emirates

Dengan fitur kabin yang luas dan nyaman, serta produk unggulan Emirates yang menawarkan pengalaman terbaik di atas pesawat, seperti Onboard Lounge dan sistem hiburan pemenang penghargaan, pelanggan yang terbang dari Indonesia dapat menikmati perjalanan yang tak terlupakan dengan pesawat A380 Emirates.

Tiket penerbangan dapat dibeli melalui Emirates.com, Emirates App, kantor pemasaran Emirates, dan agen perjalanan online maupun offline. Pelanggan juga dapat mengunjungi situs web Emirates untuk informasi terbaru mengenai persyaratan perjalanan.

Dengan kedatangan pesawat A380 Emirates di Bali, Indonesia semakin menjadi tujuan yang menarik bagi wisatawan internasional. Ini juga membuka peluang baru dalam industri penerbangan dan pariwisata di Indonesia, serta memperkuat hubungan antara Emirates dan Indonesia dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata negara ini.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading