Sukses

Info

Putri Ariani Dapat Beasiswa di The Juilliard School dari Nadiem Makarim, Sekolah Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Nama Putri Ariani kembali viral setelah dirinya mendapat Golden Buzzer di America's Got Talent. Talenta yang dimiliki oleh Putri Ariani berhasil mencuri hati Simon Cowell untuk memberikan kesempatan Golden Buzzer untuknya.

Sebelum mendapatkan Golden Buzzer dari America's Got Talent, Putri Ariani menyebut dirinya ingin melanjutkan pendidikan seni di The Juilliard School, New York. Keinginan Putri Ariani untuk sekolah di The Juilliard School, New York akan segera terwujud berkat beasiswa dari Nadiem Makarim.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim memberikan Beasiswa Indonesia Maju kepada Putri Ariani sebagai bentuk apresiasi atas pencapaiannya di America's Got Talent. Diserahkan secara resmi pada Jumat (9/3/2023) di kantor Kemendikbud, Putri Riani sebagai penerima Beasiswa Indonesia Maju akan dibantu untuk masuk ke perguruan tinggi pilihannya.

"Jadi selain beasiswa penuh saat kuliah nanti, dalam proses pendaftaran Putri ke kampus, persiapan untuk tes juga akan didukung lewat beasiswa ini," kata Nadiem dalam siaran pers.

 

Beasiswa dari Nadiem Makarim

Nadiem pun menawarkan surat rekomendasi untuk Putri agar memperlancar proses pendaftaran The Juilliard School. Namun, apa yang membuat Putri memiliki harapan besar untuk sekolah di The Juilliard School? Sekolah apa itu sebenarnya?

The Juilliard School sendiri merupakan Institusi Seni Musik yang didirikan pada 1905 oleh Frank Damrosch. Sekolah seni musik ini juga membuka program tari dan drama yang juga terkenal di dunia. Juilliard School membuka program studi untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana.

Bukan hanya soal usia yang The Juilliard School menjadi sekolah yang disegani bagi para pecinta musik. Melainkan alumni Juilliard cukup mendominasi pemenang penghargaan musik besar di Amerika Serikat. Tercatat dalam sejarah, alumi The Juilliard School berhasil memenangkan 105 Grammy Awards, 65 Tony Awards, 47 Emmy Awards, 24 Academy Awards, dan 2 EGOT.

 

Total biaya yang dibutuhkan

Sebenarnya, Juilliard School membuka beasiswa sebesar $1 Milyar untuk dibagikan kepada siswa terpilih. Namun kuota beasiswa yang cukup terbatas membuat persaingan untuk mendapatkan beasiswa tersebut terbilang cukup kompetitif.

Selain melalui beasiswa, Juilliard School bisa diakses secara mandiri dengan mengeluarkan biaya sekolah. Diperkirakan, mahasiswa yang kuliah di tahun akademik 2023/2024 mengeluarkan biaya 53.300 dolar AS atau sekitar Rp790jutaan. Ini belum dengan asuransi kesehatan sebesar $3000 atau sekitar Rp44juta dan biaya orientasi sebesar $250 atau sekitar Rp3,7jutaan.

Bagi mahasiswa yang ingin tinggal di asrama dikenakan biaya sebesar $21.340 atau sekitar Rp316juta. Sehingga apabila ditotal kurang lebih membutuhkan dana sekitar $77.890 atau Rp1,5 Milyar. Biaya tersebut di luar buku, pengeluaran pribadi, dan transportasi dan lain-lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading