Sukses

Info

Hadirkan Sekolah Sumba untuk Dukung Pendidikan di Indonesia Timur

Fimela.com, Jakarta Pendidikan adalah hak semua warga negara. Hal inilah yang mendorong Plaza Indonesia untuk mendukung majunya pendidikan Indonesia. Dalam rangkaian selebrasi anniversary ke-33 tahun, sekaligus menyambut dimulainya tahun ajaran baru bersekolah, pada tanggal 13 & 14 Juni 2023, Plaza Indonesia meresmikan 2 unit sekolah, yang keduanya memiliki dua ruang kelas yang luas dan lengkap dengan fasilitas bermain dan belajar, taman bermain luar ruangan, dan toilet, membuatnya menjadi lingkungan belajar yang aman dan lengkap untuk para siswa.

Terbatasnya transportasi umum di Sumba Barat Daya, membuat anak-anak mesti berjalan jauh berkilo-kilometer untuk pergi dan pulang sekolah. Hal ini yang membuat Plaza Indonesia ingin berkontribusi memfasilitasi sekolah yang lebih dekat dengan area permukiman para siswa. Harapannya bisa mengurangi jauhnya jarak antara rumah dengan sekolah, demi keberlanjutan pendidikan anak-anak di Sumba.

Dua Sekolah di Sumba untuk Pendidikan yang Berkelanjutan

Dua unit sekolah tersebut adalah PAUD Santa Maria di Wee Wella, Kodi Utara, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur dan Sekolah Kelompok Bermain (KB) Kasih Setia Puu Naga, Kampung Buru Deilo, Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. PAUD Santa Maria sudah direkonstruksi dan dibuka sejak Mei 2020, namun baru sempat diresmikan Selasa 13 Juni 2023. Ini adalah sekolah ke-13 yang didirikan Plaza Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Happy Hearts Indonesia. Dan sekolah ke-2 yang didirikan di Sumba. Sebelas sekolah sebelumnya tersebar di pulau Jawa.

Sekolah Kelompok Bermain Kasih Setia Puu Naga dibangun kembali pada tahun 2023 setelah terkumpul dana pembangunan dari para donatur di acara 10th Anniversary Happy Hearts Indonesia yang diadakan di La Moda, Plaza Indonesia pada 10 Maret 2023. Yang unik dari KB Kasih Setia Puu Naga adalah konsep block school. Konstruksi sekolah menggunakan blok dari limbah plastik yang baru hadir di Indonesia, termasuk bahan PP, PET dan HDPE. Ia memiliki nol karbon dibanding bahan konstruksi konvensional. Setiap ruang kelas yang dibangun dapat menghilangkan 1-2 ton sampah plastik dari lingkungan. Ini adalah sekolah ke-13 yang didirikan Plaza Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Happy Hearts Indonesia. Dan sekolah ke-2 yang didirikan di Sumba. Sebelas sekolah sebelumnya tersebar di pulau Jawa.

Zamri Mamat, GM Marketing Plaza Indonesia, mengungkapkan antusiasmenya dengan mengatakan, “Kunjungan Plaza Indonesia ke sekolah yang dibangun kembali dan peresmian Block School menunjukkan komitmen kami untuk membuat dampak positif. Salah satu tujuan kami adalah untuk memajukan pendidikan Indonesia dengan memasukkan praktik keberlanjutan ke dalam inisiatif kami. Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Happy Hearts Indonesia dan menciptakan peluang pendidikan transformatif untuk anak-anak di Sumba Barat Daya. Tidak terasa ini sudah sekolah ke-13 yang kami bangun bersama, semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi dan menjangkau daerah-daerah terpencil lainnya"

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading