Sukses

Parenting

6 Manfaat Asuransi Pendidikan Anak

Fimela.com, Jakarta Menjaga dan memenuhi kebutuhan anak dari lahir hingga besar sudah menjadi tanggung jawab bagi orangtua, termasuk asuransi. Asuransi untuk anak juga merupakan hal yang penting baik asuransi jiwa maupun asuransi pendidikan. Dilansir dari forbes.com, asuransi merupakan kontrak hukum antara tertanggung baik individu atau perusahaan yang mengambil polis dengan penanggung yaitu perusahaan yang menyediakan asuransi. 

Dengan asuransi, pihak penanggung akan membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak tertanggung jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan seperti kecelakaan, kerusakan kendaraan, dan lainnya. Namun, pihak tertanggung juga harus membayar sejumlah uang kepada perusahaan asuransi yang biasa dikenal dengan premi. Premi ini merupakan jumlah uang yang telah ditentukan sebelumnya dan akan ditanggung oleh pemegang polis untuk menerima sejumlah pertanggungan asuransi. 

Biaya tersebut nantinya akan dibayarkan baik secara sekaligus maupun secara bulanan.  Salah satu jenis asuransi adalah asuransi pendidikan. Dilansir dari axamansard.com, asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi yang memberikan pertanggungan untuk biaya kuliah dan pengeluaran terkait untuk anak. Asuransi ini juga penting untuk mencegah hal-hal yang tidak terduga terjadi.

Manfaat asuransi pendidikan anak

Melakukan investasi dengan membuat asuransi pendidikan untuk anak memiliki beberapa manfaat, diantaranya yang dilansir dari life.futuregenerali.in:

Biaya pendidikan yang semakin meningkat dari hari ke hari

Peningkatan biaya pendidikan dapat terjadi akibat banyak faktor termasuk inflasi. Tentu setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya termasuk pendidikan. Namun, mengingat peningkatan biaya pendidikan yang semakin tinggi terkadang dapat menjadi beban keuangan yang sangat besar dalam keluarga sehingga sebaiknya orangtua dapat melakukan investasi rencana pendidikan anak sejak awal melalui asuransi pendidikan. Dengan asuransi pendidikan, kekhawatiran akan pendidikan anak menjadi akan berkurang. Selain itu, melakukan asuransi pendidikan juga dapat memastikan bahwa impian anak akan lebih terjamin dan terpenuhi. 

Dapat menghemat 

Dengan membayarkan premi untuk asuransi pendidikan anak yang dilakukan perbulan atau per tahunnya dapat menghemat pengeluaran ketika anak sudah beranjak besar dan membutuhkan pengeluaran yang besar untuk kebutuhan sekolah atau kuliahnya.

Menyelamatkan anak dari hutang berupa pinjaman pendidikan

Pinjaman pendidikan dari bank biasanya akan dikenakan bunga yang sangat tinggi. Hal tersebut, akan menjadi penghalang besar bagi seseorang yang akan memulai karir jika memiliki hutang finansial sehingga langkah pertama yang harus dilakukan adalah melunasi hutang terlebih dahulu. Dengan adanya tujuan tersebut, membuat anak nantinya hanya mencari pekerjaan untuk mendapatkan gaji yang tinggi tanpa mempertimbangkan pekerjaannya. Selain itu, hutang finansial juga merusak kemampuan anak untuk mulai menabung atau berinvestasi sejak awal karirnya. 

Melindungi masa depan anak

Anak tidak perlu khawatir studinya akan terhambat dan mereka dapat mengejar mimpinya tanpa ada permasalahan keuangan karena adanya asuransi pendidikan yang menjamin dan melindungi masa depan mereka. 

Manfaat pajak

Premi yang harus dibayarkan pada asuransi pendidikan anak biasanya juga memenuhi syarat untuk mendapatkan beberapa manfaat pajak.

Akses mudah ke korpus kapan pun anak membutuhkannya

Membuat rencana pendidikan dan menyediakan asuransi pendidikan untuk anak secara tidak langsung membekali anak dengan kekuatan berpikir untuk mencapai mimpi yang besar. Biasanya pada pembuatan asuransi pendidikan juga terdapat beberapa paket untuk opsi pembayaran dan pengambilan saat dibutuhkannya. 

Melakukan perencanaan pendidikan dan menyediakan asuransi pendidikan untuk anak juga akan melindungi masa depan anak dan membekali mereka dengan kebebasan untuk merencanakan masa depan mereka tanpa khawatir dengan sumber keuangan untuk bertindak. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading