Sukses

Lifestyle

Kenali Ciri dan Kriteria Asuransi Jiwa Terbaik agar tidak Salah Pilih

Fimela.com, Jakarta Asuransi adalah suatu bentuk perlindungan finansial yang menjanjikan kompensasi jika terjadi risiko yang telah ditetapkan dalam polis asuransi. Dalam kata lain, asuransi dapat membantu mengurangi risiko keuangan dari suatu peristiwa tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan.

Dilansir dari Newyorklife.com, selain mengurangi risiko keuangan, asuransi memiliki sejumlah manfaat yang diberikan seperti memberikan keamanan finansial, menjaga keseimbangan keuangan dalam keadaan darurat, memberikan ketenangan pikiran, dan lain-lain. 

Disamping itu, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan banyak ragam jenis asuransi dan kelebihan-kelebihannya. Akan tetapi, penting juga untuk kita mempelajari setiap produk asuransi agar sesuai dengan kebutuhan. Salah satu asuransi yang paling penting untuk dimiliki yaitu asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk asuransi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial bagi keluarga atau ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia. Dengan asuransi jiwa, maka masa depan keluarga juga akan terjaga jika suatu saat terjadi risiko yang tidak diharapkan. Lantaran produk proteksi satu ini penting, maka kita harus memilih asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Dengan begitu, jangan sampai Anda hanya tergiur premi murah namun mengabaikan faktor keamanannya.

Untuk mengetahui ciri dan kriteria asuransi jiwa terbaik dan terpercaya, Lifepal sebagai salah satu marketplace insurance terdepan di Indonesia, akan mengungkapkan beberapa ciri dan kriteria asuransi yang tepat.

Kenali ciri-ciri asuransi jiwa yang terbaik dan terpercaya

Dilansir dari Lifepal.co, Benny Fajarai selaku Co-Founder sekaligus CMO dari Lifepal.co.id menyarankan untuk selektif dalam memilih produk asuransi, termasuk asuransi jiwa. Sembarang memilih asuransi dapat berdampak pada masa depan Anda.

Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan asuransi mana yang akan digunakan, maka sebaiknya kenali dulu apa saja kriteria atau ciri asuransi jiwa yang bagus dan terpercaya. Perusahaan asuransi yang terpercaya biasanya sudah terdaftar di OJK, tergabung dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), serta memiliki reputasi yang baik. Memastikan perusahaan asuransi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjadi salah satu indikator yang wajib diperhatikan saat hendak memilih asuransi jiwa.

Selain itu, penting juga mengecek reputasi perusahaan asuransi dengan berita atau informasi terkait perusahaan tersebut. Hindari perusahaan asuransi yang memiliki banyak catatan hitam, seperti penipuan, gagal klaim, dan sebagainya.

Ciri lain dari asuransi jiwa terbaik dan terpercaya adalah memberikan manfaat uang pertanggungan memadai dan sesuai perhitungan premi. Jika Anda menginginkan uang pertanggungan lebih besar, maka premi yang harus dibayarkan juga lebih tinggi.

Asuransi yang bagus, umumnya menyediakan berbagai pilihan premi, mulai dari premi terjangkau hingga tinggi. Besaran premi asuransi jiwa ini biasanya terkait jenis produk asuransi yang dipilih, baik itu asuransi jiwa term life atau whole life.

Asuransi jiwa term life umumnya memiliki premi yang lebih terjangkau, karena masa perlindungannya lebih singkat. Sementara itu, asuransi jiwa whole life preminya lebih mahal lantaran menawarkan masa perlindungan hingga seumur hidup.

Menawarkan pengembalian premi

Beberapa asuransi jiwa memang tidak dapat dicairkan jika tidak terjadi klaim. Meski begitu, ada produk asuransi jiwa term life yang menjanjikan pengembalian premi dengan persyaratan tertentu.

Premi ini akan dikembalikan jika selama masa perlindungan tidak terjadi klaim. Dengan begitu,perusahaan tidak perlu melakukan pembayaran uang pertanggungan.

Tips memilih asuransi jiwa terbaik dan terpercaya

Setelah mengetahui beberapa ciri dan kriteria asuransi jiwa yang terbaik dan terpercaya, maka hal lainnya yang takkalah penting untuk diperhatikan adalah tips memilih produk asuransi jiwa yang tepat.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih asuransi jiwa terbaik dan terpercaya:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial

Sebelum memutuskan membeli produk asuransi jiwa, pertama kali yang harus dipastikan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuanganmu. Jika asuransi jiwa yang dipilih menawarkan uang pertanggungan dalam jumlah besar, maka biasanya premi yang harus dibayarkan pun besar. Karena itu, pastikan asuransi jiwa yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan agar pembayaran premi asuransi jiwa lancar.

2. Memastikan kriteria sudah terpenuhi

Langkah kedua yang dapat dilakukan sebelum memilih salah satu produk asuransi jiwa yaitu memastikan kamu memiliki beberapa daftar asuransi yang memenuhi kriteria. Jika kamu ingin mencari asuransi yang preminya terjangkau, maka uang pertanggungan tidak terlalu besar, begitupun sebaliknya.

3. Cari tahu detail produk asuransi

Mencari tahu terlebih dahulu secara detail terkait manfaat yang akan diperoleh dari produk asuransi tersebut. Cari tahu juga persyaratannya, bagaimana cara klaim, hingga hal-hal pengecualian, dan sebagainya. Sebaiknya, pilihlah produk asuransi yang persyaratannya tidak terlalu sulit, menawarkan proses klaim yang mudah, dan memberikan bantuan support yang baik.

4. Periksa privasi dan keamanan

Penting untuk mencari tahu bagaimana komitmen perusahaan asuransi yang dipilih dalam menjaga privasi dan keamanan data pribadi. Jika kamu ingin meminta informasi mengenai hal tersebut, maka dapat menghubungi customercare.

Demikianlah ciri-ciri dan tips dalam menentukan asuransi jiwa terbaik agar tidak salah pilih.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading