Sukses

Info

Indahnya Batik Kawung Diaplikasikan Pada Mobil Hyundai IONIQ 5 saat Dipamerkan di GIIAS 2023, Intip Desainnya

Fimela.com, Jakarta Batik sudah menjadi identitas negara Indonesia, bahkan sampai diakui UNESCO (United Nation Educational Scientific and Cultural Organization) pada 2 Oktober 2009. Jika biasanya pola batik ada pada kain atau pakaian, kini batik justru tampak indah diaplikasikan pada mobil listrik.

Dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi memperkenalkan IONIQ 5 Indonesian Batik dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 d ICE BSD City, Tangerang.

Mobil edisi spesial kendaraan elektrik (EV) tersebut dihiasi pola Batik Kawung. Corak batik tersebut diaplikasikan pada bagian eksterior dan interior mobil.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, kreativitas dan kolaborasi ini bisa menciptakan perpaduan harmonis antara tradisi dan inovasi. IONIQ 5 Indonesian Batik hadir sebagai kendaraan dengan inovasi sekaligus penghormatan terhadap nilai-nilai tradisional Tanah Air.

“IONIQ 5 Indonesian Batik diciptakan khusus untuk pasar Indonesia. Maka, kami harap model ini bisa mendekatkan Hyundai dengan konsumen Indonesia dan memperkuat posisi kami sebagai pilihan EV terbaik untuk masyarakat Indonesia,” ujar Woojune pada GIIAS

Bongrae Kim, Senior Designer CMF Team, Hyundai Motor Company, mengatakan hal terpenting dari desain mobil batik tersebut adalah perpaduan antara harmonisasi dan aspek keberlanjutan IONIQ 5 yang melambangkan teknologi dan inovasi mutakhir Hyundai, dan Batik yang melambangkan tradisi dan warisan budaya Indonesia.

“Saya merasa terhormat bisa terlibat dalam proyek ini yang sekaligus merayakan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia,” kata Bongrae.

Memadukan tradisi dan modernisasi dalam inovasi

Kolaborasi antara Hyundai dan Batik Indonesia menghasilkan perpaduan yang unik, yaitu harmonisasi antara tradisi dan modernisasi melalui inovasi teknologi kendaraan yang ramah lingkungan dalam IONIQ 5. Desain IONIQ 5 yang tak lekang oleh waktu berpadu dengan detail menawan Batik Kawung, menciptakan kombinasi yang indah nan bermakna.

Pola Batik Kawung di IONIQ 5 Indonesian Batik ditempatkan di beberapa bagian, baik eksterior dan interior. Hyundai menghiasi eksterior mobil ini dengan pola Batik Kawung berwarna abu-abu di bagian hood, roof, sisi mobil, dan pintu belakang. Lalu, interior mobil didominasi pola Batik Kawung berwarna abu-abu muda dan ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson, dan sandaran lengan. 

Makin menambah estetika interior IONIQ 5 Indonesian Batik, Hyundai mendesain pola Batik Kawung berwarna cokelat muda atau soga di sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola, membuatnya berbeda dibanding IONIQ 5 sebelumnya.Batik Kawung adalah pola batik dari DI Yogyakarta dengan pola geometris berbentuk bundar yang mirip dengan buah kawung.

Pola Batik Kawung melambangkan persatuan dan harmoni, filosofi yang sejalan dengan visi global Hyundai, Progress for Humanity, dalam mendorong hubungan erat antara manusia dan elemen di sekitarnya melalui komitmen untuk menyajikan solusi mobilitas terdepan dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Lalu, warna soga khas Batik Kawung sejak turun-temurun diproduksi secara alami dari kayu Tingi, Jambal, dan Tegeran. Warna ini menggambarkan keintiman dengan alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan, selaras dengan desain IONIQ 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading