Sukses

Info

Tips Ampuh Membersihkan Sisa Lemak pada Peralatan Dapur

Fimela.com, Jakarta Membersihkan sisa lemak pada peralatan dapur dapat menjadi tugas yang cukup menantang. Sisa noda lemak pada pada piring, wajan, sendok, sendok, dan peralatan dapur lainnya terkadang sulit untuk dibersihkan. Beberapa teknik yang salah saat mencuci piring bisa membuat noda lemak makin sulit untuk dihilangkan.

Untuk itu dibutuhkan usaha yang ekstra supaya sisa noda lemak yang membandel dapat bersih sempurna. Lakukan beberapa tips berikut ini untuk mengetahui tips ampuh membersihkan sisa lemak pada peralatan dapur.

Sebelum mulai, gunakan sarung tangan pelindung supaya tangan terlindungi dari noda lemak dan bahan kimia. Kemudian, pastikan peralatan dapur benar-benar tidak panas. Penggunaan air hangat untuk mencuci peralatan dapur sangat disarankan.

Bersihkan permukaan menggunakan spons

Gunakanlah spons yang telah dicelupkan ke air hangat dan berikan sedikit cairan pencuci piring atau detergen untuk membersihkan sisa-sisa lemak pada peralatan dapur. Disarankan untuk menggunakan spons yang memiliki dua sisi, sisi kasar dan sisi halus. Permukaan spons yang kasar berguna untuk mengangkat noda lemak membandel pada peralatan dapur dengan mudah.

Jika ada bagian peralatan yang sulit dijangkau, gunakanlah sikat untuk membersihkannya. Pilih sikat yang sesuai dengan jenis permukaan peralatan supaya peralatan dapur tidak tergores hingga meninggalkan bekas.

Gunakan cairan pembersih khusus

Jika lemak masih sulit untuk dihilangkan, gunakan cairan pembersih khusus yang dirancang untuk mengatasi noda lemak dan kotoran berat. Kemudian, ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada label produk. Berhati-hatilah dalam menggunakan cairan ini karena biasanya mengandung bahan kimia yang sifatnya keras.

Selain menggunakan cairan pembersih khusus, Sahabat Fimela juga bisa menggunakan bahan yang lebih alami untuk membersihkan noda lemak yang membandel. Penggunaan cuka atau baking soda dapat menjadi solusinya. Campurkan cuka putih dengan air atau buat pasta dari baking soda dan air, lalu gunakan untuk menggosok permukaan peralatan. Selanjutnya, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Perawatan lanjutan

Bersihkan peralatan dapur secara teratur setelah selesai digunakan untuk memasak. Untuk peralatan yang tahan panas, misalnya seperti wajan dan panci, panaskan peralatan tersebut dengan sedikit air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Hal ini membantu melarutkan sisa lemak sehingga memudahkan untuk dibersihkan. Jika mendapati sisa lemak yang sudah mengering, rendamlah peralatan dapur ke dalam air hangat atau air yang sudah dicampurkan pembersih untuk melonggarkan lemak sebelum membersihkannya.

Setelah selesai mencuci peralatan dapur, pastikan untuk mengeringkannya menggunakan lap bersih. Kemudian simpan peralatan dapur, seperti pisau, garpu, sendok, dan peralatan lainnya, di tempat kering yang bebas dari kelembaban. Kelembaban pada peralatan dapur dapt memicu pertumbuhan mikroorganisme dan munculnya karat.

  

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesAgustus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading