Sukses

Info

5 Negara Ini Ternyata Tidak Punya Hari Kemerdekaan

Fimela.com, Jakarta Indonesia baru saja merayakan HUT ke-78 Kemerdekaannya pada Kamis (17/8/2023) kemarin. Meski sudah lewat beberapa hari, semarak kemerdekaan Indonesia masih terasa hingga saat ini.

Tradisi perayaan kemerdekaan atau biasa disebut 17-an di Indonesia sangat beragam. Mulai dari melakukan upacara, perlombaan, tasyakuran, dsb. Bahkan, peringatan 17 Agustus 1945 pun dibuat menjadi hari libur nasional. Momen ini pun dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk bersenang-senang merayakan kemerdekaan RI.

Setiap negara biasanya memiliki hari kemerdekaan atau hari untuk memperingati berdirinya negara tersebut. Namun, ternyata ada beberapa negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan, nih Sahabat Fimela. Berikut adalah beberapa negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan.

1. Thailand

Thailand adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak memiliki hari kemerdekaan. Negara tetangga kita satu ini tidak pernah dijajah sehingga tidak perlu mereka tidak perlu memperjuangkan kemerdekaan. Meski tidak merayakan kemerdekaan, setiap tannggal 5 Desember, rakyat Thailand memperingati Hari Nasional. Tanggal yang ditetapkan sebagai Hari Nasional bagi Thailand tersebut merupakan hari ulang tahun mendiang Raja Bhumibol Adulyadej

2. Arab Saudi

Arab Saudi, atau yang dikenal secara resmi dengan nama Kerajaan Saudi Arabia tidak memiliki hari kemerdekaan untuk dirayakan. Hal tersebut karena Arab Saudi tidak pernah dijajah oleh negara asing. Meski demikian, negara ini memperingati Hari Nasional. Hari Nasional tersebut dirayakan setiap tanggal 23 September untuk memperingati terbentuknya Kerajaan Saudi Arabia Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud.

3. Inggris

Inggris adalah negara Eropa yang tidak pernah mengalami penjajahan. Inggris justru menjadi kekuatan imperialis yang menjajah dan menguasai banyak negara di seluruh dunia. Maka dari itu, Inggris tidak merayakan hari kemerdekaan. Meskipun begitu, Inggris merayakan sejumlah peristiwa sejarah yang bermakna bagi negaranya, seperit Queen's Official Birthday (Hari Ratu) yang biasanya dirayakan pada hari Sabtu kedua di setiap bulan Juni, Guy Fawkes Night (Bonfire Night) atau malam api unggun setiap 5 November untuk mengenang usaha penyusupan dan peledakan Parlemen Inggris oleh Guy Fawkes (1605), dan Remembrance Day (Hari Peringatan) setiap tanggal 11 November untuk mengenang tentara-tentara yang tewas dalam Perang Dunia I dan konflik bersenjata lainnya.

4. Turki

Seperti ketiga negara sebelumnya, Turki tidak memiliki hari kemerdekaan yang dirayakan secara resmi. Hal tersebut lantaran Turki tidak pernah dijajah oleh negara asing. Meskipun begitu, Turki mempunyai Hari Republik. Bagi rakyat Turki, Hari Republik dirayakan untuk memperingati berdirinya Republik Turki setelah pembubaran Kesultanan Turki Ustmani.

5. Jepang

Jepang yang terkenal sebagai negara penjajah ini tentunya tidak memiliki hari kemerdekaan untuk dirayakan. Akan tetapi, Jepang merayakan tanggal 11 Februari sebagai Hari Nasional. Jepang memperingati Hari Nasional untuk mengenang pembentukan pembentukan Jepang oleh Kaisar Jimmu pada tahun 660 sebelum Masehi.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesAgustus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading