Sukses

Info

Serba-Serbi Hari Olahraga Nasional 2023: Gelorakan Gelanggang Semangat Para Pemenang

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 9 September Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional. Kali ini Kemenpora menggandeng beberapa artis serta tokoh-tokoh inspiratif lain untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia untuk terus memiliki tubuh yang sehat serta memiliki semangat juang dan integritas tinggi. 

Sejarah Hari Olahraga Nasional dimulai ketika penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pada 9 sampai dengan 12 September 2023. Ide ini tercetus ketika Indonesia tidak dapat mengikuti pekan internasional sehingga memutuskan untuk menyelenggarakan pekan olahraga sendiri di Surakarta. Dan Hari Olahraga Nasional baru diresmikan pada tahun 1983 oleh Presiden Soeharto. 

Setiap tahunnya, Hari Olahraga Nasional memiliki tema yang berbeda. Kali ini “Gelanggang Semangat Pemenang” dijadikan sebagai tema. Bagaimana serba-serbi Hari Olahraga Nasional tahun ini? Apa saja  informasi lain serta aktivitas yang dilakukan untuk menyambut Hari Olahraga Nasional? Berikut serba-serbi Hari Olahraga Nasional 2023

“Gelanggang Semangat Pemenang” menjadi tema untuk Hari Olahraga Nasional tahun ini

Hari Olahraga Nasional menjadi penyemangat untuk kita semua. Tidak hanya itu Hari Olahraga Nasional juga menjadi bentuk apresiasi atas pencapaian atlet-atlet Indonesia.  kita harus bangga dengan pencapaian atlet-atlet Indonesia di kancah internasional. Apalagi kabar bahagia kali ini datang dari salah satu atlet yang berhasil memenangkan pertandingan di kancah internasional yaitu Eko Yuli Irawan, ia memenangkan medali perak dalam kategori angkat besi pria di IWF World Championship Riyadh 2023.

Kali ini tema yang dipakai adalah gelanggang semangat pemenang. Melalui Instagram Kemenpora, dalam salah satu postingan, diharapkan dengan meriahnya Hari Olahraga Nasional kita dapat mencapai prestasi terbaik. 

Tidak hanya itu, dengan dirayakannya Hari Olahraga Nasional diharapkan  semua pihak dapat menjunjung tinggi integritas, kompetitif dan tekad yang kuat untuk menuju gelanggang kemenangan. Dalam caption salah satu postingan juga memiliki pesan yaitu jadikan olahraga sebagai gaya hidup agar badan sehat dan bugar serta dapat melakukan olahraga di mana saja dan kapan saja. 

Olahraga, olahrasa, dan olahkarya digunakan untuk menyambut Hari Olahraga Nasional

Mengenal kata olahraga, olahrasa, dan olahkarya rasanya sangat familiar. Ternyata ada sejarah sendiri di mana ketiga ucapan tersebut adalah ucapan yang dituliskan oleh Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia. 

Kamu dapat melihat postingan Instagram Kemenpora yang menuliskan ketiga kata tersebut. Apa sih makna dan arti dari olahraga, olah rasa, dan olah karya itu sendiri? Seperti yang sudah disebutkan di atas jika tahun ini diharapkan semua pihak dapat menjunjung tinggi integritas, kompetitif dan tekad yang kuat untuk menuju gelanggang kemenangan serta miliki tubuh yang sehat. Ketiga kalimat tersebut memiliki hubungan yang selaras. 

Olahraga sendiri berarti kemampuan untuk mengolah tubuh agar menjadi seseorang yang sehat dan mampu berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Olahrasa dan olahkarya merupakan seseorang yang memiliki integritas yang tinggi serta jiwa kompetitif dan tekad yang kuat agar mencapai kemanangan. 

Sambut Hari Olahraga Nasional Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia ikut berpartisipasi lakukan senam krida agar ajak masyarakat Indonesia memiliki tubuh sehat

Dilansir melalui laman resmi Kemenpora, untuk memperingati  Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 Tahun 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengikuti senam bersama Puteri Indonesia dan Induk Organisasi Olahraga (Inorga) di Komplek Lapangan Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, pada hari Jumat 8 September 2023.

Menpora Dito ikut senam bersama dengan peserta dari beberapa Inorga dan perwakilan puteri Indonesia di antaranya adalah, Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari Wisandana, Runner Up Puteri Indonesia Pariwisata Lulu Zaharani Krisna, dan Runner Up Puteri Indonesia Lingkungan Yasinta Aurellia.

Menurut Menpora Dito,  semangat seluruh peserta dalam menggelorakan olahraga diharapkan dapat mengajak masyarakat hidup sehat dan bugar dengan berolahraga.  "Peran bapak dan ibu semua yang selalu ikut senam  sangat penting untuk terus menggelorakan semangat olahraga kepada masyarakat," ujarnya ketika memberikan sambutan. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading