Sukses

Info

Terkenal Menggemaskan dan Suaranya yang Unik, Paus Orca Juga Punya Kecerdasan yang Menarik!

Fimela.com, Jakarta Selain manusia, ternyata banyak sekali hewan di berbagai dunia yang dikenal dengan kecerdasannya. Kecerdasan pada hewan tidak hanya terletak pada kemampuannya dalam menggunakan naluri serta otaknya dalam bertahan hidup namun juga kemampuan lain misalnya bunglon dengan kemampuan mimikri untuk menyesuaikan warnanya dengan kondisi lingkungannya. Tidak hanya bunglon, hewan di perairan juga terkenal akan kecerdasannya misalnya lumba-lumba. Namun, kali ini kita tidak membahas tentang lumba-lumba melainkan hewan yang masih satu keluarga dengannya yakni paus orca. 

Paus orca yang dikenal dengan bentuk fisiknya yang menggemaskan dan suaranya yang khas ini memiliki nama latin Orcinus orca termasuk dalam klasifikasi keluarga lomba-lomba yang menjadikannya hewan yang satu ini bagian mamalia juga. Paus orca cukup terkenal akan kemampuannya sebagai predator di perairan. 

Selain dikenal sebagai hewan predator yang kuat, paus orca juga sering menunjukkan kemampuannya dalam bersosialisasi. Hal ini mereka tunjukkan dengan membentuk kelompok bernama pod. Anggotanya juga bisa sebanyak lima hingga ratusan orca yang terus berenang bersama mulai dari interaksi sosial, masa kawin, hingga berburu. 

Seperti yang telah disebutkan di atas jika paus orca membentuk hierarki sosial dengan pod untuk menunjukkan dominasi dalam kelompok, uniknya pemimpin kelompok ini adalah orca dari golongan betina. Paus orca berkomunikasi dengan ekolokasi atau sistem sonar alam dan membentuk form serta tanda atau bahasa yang unik. Apa saja yang menjadikan paus orca sebagai hewan yang cerdas serta bagaimana penerapan kecerdasan paus orca dalam habitatnya? Berikut informasi dari Orca Torch dan AZ Animals. 

Ternyata paus orca termasuk ke dalam hewan yang memiliki kecerdasan tinggi

Paus orca ternyata termasuk hewan yang cerdas, bahkan diyakini IQnya dapat menyaingi remaja berusia 15-16 tahun. Kecerdasan paus orca yang tinggi ini mencangkup berbagai aspek mulai dari kelompok hingga sosial. Mereka juga memiliki tanda hingga bahasa tersendiri untuk berkomunikasi. Bahkan kemampuan paus orca dalam berburu berbagai hewan kecil di laut ini diturunkan dari generasi ke generasi. 

Seberapa besarkah IQ Paus Orca? 

Orca menjadi salah satu mamalia yang memilikki tubuh yang besar, tidak hanya fisik saja namun I! nya juga tergolong tinggi. Kemampuan paus orca dalam berburu juga tidak kaleng-kaleng. Ahli biologi juga telah melakukan berbagai riset mengenai IQ mereka dan menemukan bahwa otak paus orca juga berkembang. 

Bahkan, beberapa ahli juga menemukan fakta bahwa paus orca memiliki sistem komunikasi unik dengan kompleksitas yang mirip dengan manusia. Meskipun secara kebahasaan paus orca tidak memiliki kemampuan menulis layaknya bahasa manusia, mereka memiliki kemampuan merespon yang membantunya ketika berburu. Sebagian ahli juga menemukan fakta lain jika paus orca sangat talkative bahkan cerewet lho! 

Paus Orca menunjukkan kecerdasannya dalam berbagai hal 

Orca yang terkenal akan keramahannya ini suka sekali menunjukkan kecerdasannya yang dibuktikan dengan IQnya yang tinggi. Termasuk dalam golongan mamalia, paus orca senang sekali untuk berkelompok dan memiliki pola sosial yang dibuktikan dengan kebiasaannya untuk berkomunikasi dengan tanda-tanda yang unik. Mereka juga senang berbagi makanan hingga melakukan segala aktivitas secara berkelompok. Orca juga menunjukkan kesenangannya dengan manusia sehingga mereka jarang menyerang manusia. 

Ternyata IQ Paus Orca tidak dapat dibandingkan dengan kecerdasan remaja karena otaknya terus berkembang

Seperti yang telah disebutkan di atas, IQ paus orca ini tergolong tinggi. Peneliti meneliti bagaimana kecerdasan paus orca dan menemukan fakta bahwa mereka memiliki pola sosial, komunikasi, serta kemampuan berburu sendiri. Tidak serumit yang dimiliki manusia namun lebih di atas jenis hewan lainnya. Ekosistem serta habitatnya inilah yang mendukung perkembangan kecerdasan paus orca yang membuatnya bisa berkembang lagi maka dari itu kecerdasannya belum bisa dibandingkan dengan kecerdasan manusia. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading