Sukses

Info

Intip Fakta Menulis dapat Membantu Proses Belajar dan Daya Ingat

Fimela.com, Jakarta Zaman yang semakin modern membuat segala hal menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah menulis yang sekarang tidak perlu mengeluarkan pena dan kertas. Cukup dengan layar gadget dan suara, apa yang ingin dituliskan sudah bisa didapatkan dengan mudah dan cepat.

Menulis tangan seringkali dianggap melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Tapi, perlu diketahui bahwa menulis dengan tangan masih menjadi cara terbaik untuk belajar. Karena saat menulis, otak akan bekerja lebih keras karena bertanggung jawab atas pergerakan, penglihatan, sensorik, dan memori. Kombinasi kinerja otak ini membuat menulis dengan tangan masih relevan digunakan untuk belajar. Dilansir dari scientificamerican.com berikut adalah fakta menulis dapat membantu proses belajar:

Perbedaan Cara Kerja Otak

Penelitian dari Norwegian University of Science and Technology menunjukkan bahwa menulis dengan komputer dan tangan menunjukkan cara kerja otak yang berbeda. Saat menulis dengan gadget, sama saja seperti memasukkan informasi pada media lain dan hanya lewat begitu saja. Tidak ada informasi yang masuk ke dalam otak. Tapi, saat menulis dengan tangan, Sahabat Fimela akan memperhatikan informasi dengan seksama lalu mengolah, memprioritaskan, dan menghubungkannya dengan informasi yang telah didapatkan sebelumnya.

Menulis dapat Memperkuat Memori

Seorang asisten profesor bernama Sophia Vinci-Booher menemukan bahwa menulis secara manual akan mengunci sistem motorik dan sensorik. Tindakan motorik berhubungan erat dengan pengenalan visual dan konseptual yang diciptakan. Saat menulis manual, informasi yang didapat akan ditransformasikan dan memperdalam koneksi di seluruh jaringan saraf. Sehingga informasi lebih mudah diakses.

Menulis manual dengan pena dan kertas tidak akan pernah ketinggalan zaman. Malah kegiatan satu ini bisa membantu Sahabat Fimela dalam belajar dan memperkuat memori otak. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading