Sukses

Lifestyle

15 Quote Soekarno yang Buat Api Semangat Kemerdekaan Membara!

Fimela.com, Jakarta Tahun ini atau tepatnya 17 Agustus nanti, masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-72 tahun. Bicara soal kemerdekaan bangsa ini, maka tak bisa dilepaskan dari sosok bapak ploklamator Indonesia, Ir. Soekarno. Dialah presiden pertama Indonesia yang telah berhasil memerdekakan bangsanya pada tahun 1945.

Sosok yang dikenal sangat tegas ini memang memberikan pengaruh yang sangat luar biasa bagi anak-anak muda, bukan hanya anak-anak muda di zamannya, tapi juga anak-anak muda saat ini. Siapa yang tak langsung merinding saat mendengar pidato kemerdekaan dari Ir. Soekarno, ya, meskipun telah tiada, namun lewat pidato-pidatonya, Soekarno telah berhasil membangun kembali semangat anak muda di negeri ini untuk memajukan bangsanya.

Biar kamu semakin semangat membangun negeri ini, Bintang.com punya beberapa quote dari Ir. Soekarno nih. Simak selengkapnya di bawah ini ya…

1. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."

2. "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

3. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia"

4. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

5. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak."

6. "Bangunlah suatu dunia dimana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan."

Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. (via: esabong.my.id)

7. "Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa."

8. "Musuh kita yang terbesar yang selalu merusakkan keselamatan dan kesejahteraan Asia dan juga merusakkan keselamatan dan kesejahteraan Indonesia ialah Amerika dan Inggris. Oleh karena itu, di dalam peperangan Asia Timur Raya ini, maka segenap kita punya tenaga, segenap kita punya kemauan, segenap kita punya tekad harus kita tujukan kepada hancur-leburnya Amerika dan Inggris itu. Selama kekuasaan dan kekuatan Amerika dan Inggris belum hancur-lebur, maka Asia dan Indonesia tidak bisa selamat. Karena itu, semboyan kita sekarang ini ialah, Hancurkan kekuasaan Amerika. Hancurkan kekuasaan Inggris. Amerika kita setrika, Inggris kita linggis!"

Patung Proklamator RI Soekarno yang disebut "Putra Sang Fajar" ‎diresmikan di simpang Herlingga, Kota Blitar, Selasa (6/6). Peresmian patung ke 5 Bung Karno di Blitar ini bertepatan dengan Hari Lahir Bung Karno pada 6 Juni 1901. (Liputan6.com/Johan Tallo)

9. "Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!"

10. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati'!"

11. "Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!"

Patung Presiden pertama Soekarno di Gedung Lemhannas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (24/5). Peresmian patung tersebut merupakan wujud apresiasi kepada Bung Karno yang merupakan penggagas Lemhannas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

12. "Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah."

13. "Orang tidak bisa me-ngabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia.. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin."

14. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

Soekarno bersama Fatmawati dan Guntur

15. "Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara."

For your information, pemerintah sudah mempunyai logo yang akan digunakan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada 17 Agustus nanti. Logo kali ini menggunakan angka 72 dan kata-kata "Indonesia Kerja Bersama".

;
Loading