Sukses

Lifestyle

Mengapa banyak perempuan enggan berbicara tentang uang?

Fimela.com, Jakarta Ya, meskipun perempuan lah yang menjalankan rumah tangga dan memutuskan masalah anggaran, namun masih banyak dari mereka enggan dan tidak merasa nyaman berbicara tentang uang. Faktanya, perempuan hidup rata- rata lima tahun lebih lama daripada pria, memiliki kecenderungan untuk pensiun lebih panjang dan mengeluarkan biaya kesehatan lebih lama.

Bahkan, dilansir dari marketwatch.com, Senin (1/10/2018), kaum perempuan cenderung lebih menikmati membicarakan tentang rincian kematian mereka sendiri, daripada uang. Apa yang terjadi?

Bagi perempuan, uang sarat dengan makna emosional. Uang bisa berarti peluang, keamanan, status, penerimaan, dan kekuasaan.

 

 

2 dari 3 halaman

Beberapa faktor penyebab perempuan enggan bicara soal uang

Kaum perempuan seringkali menjadi pencari nafkah yang juga pengasuh keluarga mereka. Membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk membuat rencana keuangan.

Selain itu, kaum perempuan telah diajarkan sejak kecil untuk tidak berbicara tentang uang, karena dianggap tidak sopan. Inilah mengapa banyak perempuan kurang memahami cara mengatur keuangan, dibadingkan dengan kaum pria yang dapat memahami investasi dengan baik.

Sikap diam perempuan dalam hal uang juga bisa disebabkan karena kesenjangan upah dan perbedaan cara mendefinisikan kesuksesan finansial antara pria dan perempuan itu sendiri. Secara umum, pria mendefinisikan kesuksesan berdasarkan jumlah target.

3 dari 3 halaman

Perempuan sering tidak siap dengan perceraian atau kematian pasangan

Sedangkan perempuan seringkali berbicara tentang kesuksesan finansial dalam hal memiliki cukup uang untuk membiayai diri sendiri, mempertahankan gaya hidup, dan melihat investasi yang dilakukan kaum pria sebagai hal yang rumit.

Inilah mengapa banyak perempuan tidak siap dengan keuangan mereka sendiri ketika terjadi perceraian atau kematian pasangan. Bagaimana menurut Anda?

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Soal Selaput Dara yang Harus Perempuan Tahu
Artikel Selanjutnya
8 Barang dan Jasa Ini Lebih Mahal untuk Perempuan Ketimbang Laki-Laki