Sukses

Lifestyle

Manfaat baik madu bagi tubuh dan kulit manusia

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk menjaga tubuh selalu sehat ialah dengan mengonsumsi madu. Sejak dahulu, madu memang dipercaya memiliki khasitat baik bagi tubuh kita.

Ada banyak jenis madu di dunia ini, salah satunya madu Manuka yang berasal dari Selandia Baru. Ilmuwan Dr. Ir. Roy Alexander Sparring, M.App.Sc, Ph.D, madu ini dihasilkan dari lebah penghasil madu yang hanya makan dari pohon manuka.

Pohon Manuka sendiri memiliki sejarah panjang ratusan tahun sebagai tanaman obat xang dihormati, yang secara tradisional digunakan oleh orang-orang Maori Selandia Baru sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuhan terutama untuk penyakit pencemaan, mulut dan kulit. Dr. Roy mengatakan, antibakterial yang ditemukan pada madu ini disebut MGO (methylglyoxal).

“Antibakterial dalam madu Manuka itu menghambat bakteri yang berkaitan dengan pembentukan plak, kerusakan gigi dan penyakit gusi, sakit tenggorokan hingga menenangkan batuk kering,” ujar sebut Roy saat ditemui dalam acara Manuka Health di Jakarta, Rabu (10/10).

2 dari 2 halaman

Manfaat antibakterial pada madu

Madu Manuka yang memiliki antibakterial ini berfungsi untuk meredakan masalah kulit seperti jerawat dan luka gores.

Selain itu, mampu menghambat bakteri yang terkait dengan tukak lambung, anti-inflamasi dan protektif acid reflux, gastritis. Dapat juga membantu menyeimbangkan flora usus (penelitian yang sedang berlangsung).

Dr. Roy mengatakan sebaiknya [madu](3519038. "") dikonsumsi pada anak di atas 2 tahun. Madu tidak diberikan pada anak di bawah 12 bulan, karena penceranaan belum sempurna.

Artikel Selanjutnya
Cara mudah menghilangkan jerawat ala Nana Mirdad
Artikel Selanjutnya
Yang benar, acne prone itu masalah kulit, bukan jenis kulit
: