Sukses

Lifestyle

Mengenal dua macam keintiman: terlihat dan tak terlihat

Fimela.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan keintiman? Secara umum keintiman diartikan sebagai kedekatan atau keakraban. Dalam konteks hubungan asmara antara pria dan wanita, keintiman sering diidentikkan dengan kemesraan.

Banyak juga yang mengartikan keintiman berkaitan dengan hubungan seks setelah menikah. Tapi tahukah kalau keintiman itu ada dua macam? Keintiman terdiri dari dua macam, yaitu keintiman terlihat dan tak terlihat. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti info yang lebih detail di sini.

Dikutip dari buku The Great Marriage, Prof. Robert Stenberg yang terkenal dengan riset-risetnya mengenai cinta menyebutkan ada dua macam keintiman. Yang pertama adalah keintiman terlihat. Keintiman ini ditunjukkan jika ada emosi yang muncul saat kedua individu beraksi, yakni dalam proses saling menyesuaikan, memahami, dan mendukung. Misalnya, ketika kita menceritakan sebuah kisah sedih, lalu pasangan kita memeluk dan memberi dukungan, maka ini bisa disebut sebagai keintiman yang tampak atau terlihat. Ada emosi dan bahasa tubuh yang ditampakkan. Ada keintiman yang terbangun dari hal tersebut.

Yang kedua adalah keintiman tak terlihat. Semakin dalam sebuah hubungan, proses saling menyesuaikan, memahami, dan mendukung sudah dilewati. Sehingga proses itu pun makin berkurang. Hal ini bukanlah sesuatu yang buruk. Sebab sudah terbentuk ikatan emosional yang mendalam antara kita dan pasangan. Inilah yang disebut keintiman tak terlihat.

Singkatnya, seiring waktu berjalan keintiman yang terlihat akan digantikan dengan keintiman yang tak terlihat (laten). Tapi tetap penting untuk bisa mendapatkan keintiman yang terlihat agar keintiman laten bisa tercipta dan terjaga dengan baik.

Untuk menjaga keintiman tetap ada dalam hubungan, penting bagi suami istri untuk melakukan hal-hal baru atau hal-hal yang di luar rutinitas. Bisa dengan menjadwalkan liburan bersama atau melakukan sebuah hobi baru bersama-sama.

;
Loading