Sukses

Lifestyle

4 karakter yang diperlukan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan

Fimela.com, Jakarta Sering sudah kita mendengar bahwa untuk menjaga hubungan tetap langgeng dan bertahan lama harus menjaga komunikasi. Komunikasi yang baik kunci kebahagiaan hubungan. Tapi sebenarnya komunikasi yang baik itu yang seperti apa, sih?

Deny Hen dalam bukunya, The Great Marriage menyebutkan bahwa untuk memiliki komunikasi yang menyenangkan, kita perlu memiliki empat kualitas karakter penting. Untuk lebih jelasnya, yuk simak di sini. Dengan mengetahui hal ini, kita bakal lebih mudah menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan.

1. Kehangatan

Saat bicara, gunakan suara yang lembut dan terkontrol. Tidak menggunakan nada tinggi atau kata-kata yang kasar dan menyakiti. Saat mengobrol dengan suami, coba sentuh tangannya untuk memberikan perasaan yang hangat, tenang, dan nyaman. Saat komunikasi bisa terjalin dengan kehangatan, maka hubungan bisa terasa lebih dekat.

2. Empati

Apakah selama ini kita sudah berempati pada pasangan? Empati merupakan kemampuan memahami perasaan orang lain dengan menempatkan diri pada posisi dan perspektif orang tersebut. Kalau kita sudah memiliki empati, kita tak akan mudah menghakimi atau menyudutkan orang lain dengan menyakiti hatinya. Untuk menciptakan rasa empati, kita bisa mulai dengan menyadari bahwa perasaan pasangan juga sama pentingnya dengan perasaan yang kita punya.

“You can talk with someone for years, everyday, and still, it won't mean as much as what you can have when you sit in front of someone, not saying a word, yet you feel that person with your heart, you feel like you have known the person for forever.... connections are made with the heart, not the tongue.” ― C. JoyBell C.

3. Jujur dan terbuka

Semakin kita jujur dan terbuka dengan pasangan, semakin mudah kita mengenal dan dekat dengan pasangan. Bahkan sikap jujur dan terbuka ini bisa diibaratkan sebagai vaksin perselingkuhan. Perselingkuhan bisa dicegah bila kita bisa mengobrol dengan jujur dan terbuka dengan pasangan. Tak perlu menutup-nutupi sesuatu apalagi sampai berbohong.

4. Respek

Menghormati pasangan adalah hal yang juga sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang baik. Bisa dimulai dengan tidak mengatakan hal buruk tentang pasangan pada orang-orang di sekitar kita. Hormati kenyataan bahwa pasangan mungkin punya hobi dan sudut pandang berbeda terhadap sesuatu. Yang tak kalah penting adalah hormati kenyataan bahwa ada komitmen dalam hubungan yang perlu dijaga bersama untuk menjaga keutuhan cinta.

Nah, sekarang sudah dicek apakah kita sudah punya empat karakter tersebut? Jika belum, yuk coba dibiasakan mulai sekarang. Ketika komunikasi bisa dibangun dan dijaga dengan baik, konflik-konflik berat dalam hubungan pun akan lebih mudah untuk dicegah.

;
Loading