Sukses

Lifestyle

Cara membuat telur asin yang masir dan gurih

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat telur asin yang masir dan gurih sebenarnya tidak terlalu sulit. Selama kita menggunakan bahan yang tepat dan mengikuti langkah yang benar, kita bisa membuat sendiri telur asin yang enak.

Pastikan kita menggunakan telur asin yang berkualitas terbaik. Bersihkan telur lalu ikuti langkah-langkah berikut ini.

Siapkan bahan-bahan untuk membuat telur asin

Salah satu cara untuk membuat telur asin masir adalah dengan menggunakan batu bata dan garam kasar. Untuk takarannya, bisa sebagai berikut

  • 5 buah bata (diremukkan sampai halus)
  • 500 gram garam kasar (bisa disesuaikan selera)
  • 28 butir telur bebek mentah
  • 1 liter air (bisa disesuaikan untuk melarutkan batu bata)
  • remukan batu bata untuk taburan

Lumuri telur sampai tebal

Batu bata, garam, dan air bisa diaduk sampai rata dan mudah dikepal. Kemudian, kita lumuri telur dengan campuran tersebut sampai benar-benar tebal, sekitar 3 cm. Dengan ketebalan itu, nantinya telur bisa lebih cepat matang.

Tunggu selama 14 hari

Simpan semua telur yang sudah dilumuri campuran batu bata dalam wadah. Beri taburan remukan batu bata. Kemduian tunggu selama 14 hari. Kalau sudah 14 hari, telur bisa langsung kita bersihkan kemudian kita masak.

Telur asin bisa kita kukus selama satu jam. Tapi kalau ingin mendapatkan telur asin dengan aroma yang berbeda dan lebih gurih, bisa dipanggang, dibakar, atau diasap.

Kita sebenarnya juga bisa menggunakan abu gosok dan batu bata untuk membuat telur asin. Perbandingan abu gosok, batu bata, dan garam bisa 2:2:3 untuk digilingi dan dilarutkan dengan air. Kemudian gunakan untuk melumuri telur asin dengan ketebalan 1 cm.

Sekarang sudah tahu cara membuat telur asin yang masir dan gurih, saatnya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Semoga infonya bermanfaat ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading