Sukses

Lifestyle

Agar Bawang Goreng Renyah, Berikut Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Banyak hidangan yang terasa lebih sedap dan gurih bila ditambah dengan taburan bawang goreng. Apalagi kalau bawang gorengnya renyah, makin nikmatlah hidangan yang kita santap.

Untuk membuat bawang goreng renyah caranya sebenarnya tidak terlalu sulit. Selain kita harus memperhatikan agar bawang tidak terlalu gosong saat digoreng, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatian berikut ini.

1. Bawang merah diiris tipis-tipis

Bawang goreng yang sudah dikupas dan dibersihkan, bisa langsung diiris. Kita bisa mengirisnya manual dengan pisau tajam. Bisa juga pakai alat khusus untuk mengiris bawang. Ada baiknya pakai alat khusus pengiris bawang untuk menghasilkan irisan yang seragam agar nanti saat digoreng bisa matang merata.

2. Rendam dengan air garam sekitar 30 menit

Siapkan air dan garam secukupnya. Lalu gunakan untuk merendam bawang yang sudah diiris selama kurang lebih 30 menit. Dengan direndam terlebih dahulu dengan air garam. nanti bawang goreng yang dihasilkan bisa terasa lebih gurih dan teksturnya terasa labih renyah.

3. Beri taburan tepung maizena

Ingin bawang goreng yang terasa lebih kres saat dikunyah? Kita bisa memberi taburan tepung maizena pada bawang irisan bawang goreng. Untuk satu kilogram bawang merah, kita bisa pakai 1 sdt tepung maizena, bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

4. Angin-anginkan bawang selama 1-2 jam

Untuk mengurangi kadar air pada bawang, kita bisa mendiamkannya di tempat sejuk selama satu hingga dua jam. Ketika kadar airnya sudah menyusut, nanti bawang goreng akan terasa lebih gurih.

5. Goreng dengan api kecil

Panaskan minyak dengan api kecil. Setelah itu baru goreng bawang. Gunakan minyak yang cukup banyak agar bawang goreng bisa matang merata. Gorengnya sambil terus diaduk karena bawang goreng ini matangnya sangat cepat, sehingga kalau teledor sedikit saja nanti bisa gosong.

Setelah ditiriskan, bawang goreng bisa disimpan dalam stoples kaca bertutup rapat. Sudah siap untuk membuat bawang goreng yang renyah? Yuk, langsung dicoba sekarang.