Sukses

Lifestyle

Agar balado lebih nikmat, ikuti sejumlah tipsnya berikut ini!

Fimela.com, Jakarta Aneka bahan makanan bisa diolah jadi hidangan balado lezat. Mulai dari terong, jengkol, udang, telur, daging ayam, ikan teri, hingga tahu dan tempe. Semuanya jadi nikmat bila dijadikan balado.

Untuk membuat balado yang nikmat, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan bahan hingga proses pemasakan bumbu. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Gunakan aneka rempah untuk memperkaya rasa

Selain menggunakan bumbu dasar seperti cabai dan bawang, gunakan juga aneka bahan lainnya untuk memperkaya rasa dan aroma. Kita bisa menambahkan lengkuas atau serai untuk membuat aromanya lebih sedap. Lengkuas atau serai bisa digeprek terlebih dahulu untuk menghasilkan aroma yang lebih kuat. Bisa juga pakai daun salam dan daun jeruk agar lebih wangi. Pilih bahan yang segar dan berkualitas untuk menghasilkan balado yang nikmat.

Tambahkan sedikit terasi

Sedikit terasi bisa membuat balado terasa lebih sedap. Bisa pakai terasi yang dipanggang atau dibakar lebih dulu agar lebih gurih rasanya. Atau kalau tidak ada terasi, bisa tambahkan sedikit udan rebon pada bumbu balado.

Bahan bumbu digoreng sampai layu

Bawang merah, bawang putih, dan cabai utuh bisa digoreng dulu sampai agak layu. Dengan begini, nanti hasil bumbu balado yang dihasilkan akan terasa lebih sedap dan lembut.

Bumbu diulek

Memang kita bisa lebih cepat pakai blender untuk menghaluskan semua bahan bumbu. Tapi untuk menciptakan rasa yang lebih enak, kita bisa mengulek semua bahan bumbu. Dengan diulek, bahan-bahan dan bumbu yang dipakai bisa mengeluarkan minyak alami yang akan memperkaya rasa.

Bumbu ditumis sampai harum

Bumbu balado perlu ditumis dengan sedikit minyak sampai benar-benar harum. Bisa juga ditambahkan air secukupnya agar tidak lengket atau gosong. Selain itu, sebaiknya gunakan wajan atau penggorengan anti lengket ya.

Itu tadi beberapa tips dasar yang bisa diikuti untuk membuat balado yang sedap dan nikmat. Selamat mencoba, ya. Kini, saatnya untuk mencoba langsung membuat baldo yang lebih lezat dengan bahan-bahan pilihan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar
Artikel Selanjutnya
Tips Membeli dan Menyimpan Ikan Teri Segar agar Awet