Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mencuci Pakaian dengan Cuka, Sudah Pernah Coba?

Fimela.com, Jakarta Ternyata, cuka memiliki banyak manfaat, terutama jika digunakan untuk mencuci pakaian. Cuka dapat mencerahkan warna pakaian, menghilangkan bau, dan menghilangkan noda yang membandel.

Cuka dapat menjadi alternatif bahan alami yang efektif untuk mencuci handuk, seprai, hingga pakaian bayi. Dilansir dari hunker.com, berikut ini adalah bberapa manfaat mencuci pakaian dengan cuka, penasaran?

1. Mencerahkan warna pakaian

Tambahkan setengah cangkir cuka bersama tumpukan pakaian sebelum dicuci. Cara ini dapat membantu deterjen bekerja lebih efektif untuk melindungi warna agar tidak pudar dan melarutkan kotoran yang ditinggalkan oleh sabun dan deteren.

2. Pelembut kain

Ganti pelembut kain dengan cuka putih. Cuka dapat berfungsi sebagai pelembut kain alami, tanpa meninggalkan residu apapun. Tambahkan setengah cangkir cuka pada bilasan terakhir.

3. Menghilangkan residu sabun

Asam asetat pada cuka putih dapat memecah residu sabun yang mungkin telah terakumulasi pada pakaian. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif, terutama pada bayi dan anak-anak.

Tambahkan satu cangkir cuka putih ke siklus terakhir pembilasan untuk menghilangkan penumpukan sabun. Atau tambahkan dua cangkir cuka pada siklus bilasan terakhir saat mencuci handuk, seprai, dan selimut untuk membuatnya lebih lembut.

 

Menjaga warna putih dan membersihkan mesin cuci

4. Menjaga warna putih

Menjaga warna putih pada pakaian dari noda warna lainnya bisa dengan menambahkan satu setengah cangkir cuka pada siklus bilasan terakhir saat mencuci pakaian berwarna putih. Sudah pernah coba?

5. Membersihkan mesin cuci

Residu sabun dan endapan mineral dapat menumpuk di dalam mesin cuci. Residu ini dapat dihilangkan dengan menambahkan satu cangkir cuka ke mesin cuci yang kosong dan menjalankannya seperti biasa tanpa pakaian, sebulan sekali.

;
Loading