Sukses

Lifestyle

It's Okay, You're Just Different (Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda), Kim Doo Eung

Fimela.com, Jakarta Judul: It's Okay, You're Just Different (Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda)

Penulis: Kim Doo Eung

Penerjemah: Amelia Burhan

Editor: Nunung Wiyanti

Desain sampul: Orkha Creative

Penerbt: Gramedia Pustaka Utama

Kalimat-kalimat semacam “Kau anak yang istimewa”, “Kau pasti bisa”, dan “Tidak masalah, pelan-pelan saja” dari ibu, tentu memberi semangat tersendiri bagi seorang anak. Kalimat-kalimat penuh kasih sayang tersebut akan terasa sangat istimewa dan mampu menenteramkan jiwa sang anak.

Pada masa sekolah atau masa kecil, orang-orang genius cenderung dianggap anak yang aneh, penyendiri, dan tidak punya teman, serta sering tampak murung. Namun, ibu merekalah yang tetap memercayai dan tahu cara mengembangkan bakat mereka.

Penghiburan dan motivasi yang kita nantikan saat mengalami kegagalan pastinya dari ibu.

Buku ini menyadarkan kita bahwa orang-orang hebat seperti Edison, Andersen, Einstein, Beethoven, Bill Gates, dan lain-lain, memiliki sosok ibu hebat di baliknya.

***

 

Di balik sosok orang hebat, ada perjuangan seorang ibu yang juga luar biasa dan tak kalah hebatnya. Seorang anak bisa tumbuh jadi sosok yang brilian dan genius berkat kerja keras ibu yang melahirkan, merawat, hingga membesarkanya. Seperti kumpulan kisah para ibu hebat yang ditulis oleh Kim Doo Eung dalam bukunya, It's Okay, You're Just Different (Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda).

Pernah dengar atau baca kisah Thomas Alva Edison? Baru tiga bulan ia di sekolah dasar, dia sudah dikeluarkan karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Banyak teman yang mencemoohnya, bahkan gurunya pun mengatakan kalau Edison anak yang bermasalah. Namun, sang ibu tercinta, Nancy dengan sabar dan telaten mendidik putranya tersebut dengan penuh kasih sayang. Bahkan, Nancy membuatkan ruang bawah tanah dan memberikan kesempatan pada Edison untuk melakukan percobaan sesuka hatinya.

Di balik sosok Pestalozzi, sang Bapak Pendidikan Modern, ada ibu yang begitu gigih mendidiknya di tengah semua keterbatasan. Pestalozzi sudah menjadi anak yatim sejak kecil. Hanya ibunda tercintanya, Suzanna satu-satunya orangtua yang mengasuh dan mendidiknya sejak kecil. Pestalozzi yang berbadan kecil dan berwajah buruk karena penuh bekas cacar sering jadi ejekan teman-temannya. Dia dianggap anak idiot. Beruntung sang ibu selalu menguatkan hatinya dengan mengatakan, "Kau hanya berbeda. Kau anak yang istimewa."

Lalu ada juga kisah Einstein. Dulu dia dikenal sebagai bocah yang biasanya mendapat urutan paling bawah di sekolah, tapi kini kita mengenalnya sebagai pria paling genius di dunia. Kesuksesan itu tak lepas dari peran sang ibu, Pauline. Pauline tak khawatir melihat Einstein yang suka berpikir menyendiri dan memiliki kepribadian tertutup. Saat Einstein dipermainkan oleh teman-temannya karena terkenal pemalu di sekolah, Pauline memberi semangat, "Kau memiliki sesuatu yang hebat dalam dirimu, yang tidak dimiliki orang lain. Kau akan menjadi orang hebat."

Buku ini dibagi jadi lima bab:

  • Bab 1: Dengan Kepercayaan Ibu, Menemukan Harapan Hidup
  • Bab 2: Kata-Kata dari Ibu, Menentukan Arah Hidup
  • Bab 3: Berkat Ajaran Ibu, Dapat Menjalani Hidup dengan Baik
  • Bab 4: Ibu Merupakan Cerminan Kehidupan yang Hebat
  • Bab 5: Ibu Seperti Kampung Halaman yang Selalu Kurindukan

Bagi yang ingin tahu bagaimana kisah perjuangan para ibu dari orang-orang hebat, seperti Andersen, Picasso, Helen Keller, Einsten, Schweitzer, Nelson Mandela, Martin Luther King, Bill Gates, Nehru, Zhou Enlai, Toynbee, Victor Hugo, MacArthur, Gandhi, Marie Curie, Lu Xun, Bunda Teresa, Nightingale, Beethoven, Kim Gu, Stendhal, Novel, dan Nietzsche, buku ini bisa jadi referensi yang menarik. Kita jadi mendapat banyak wawasan dan pengetahuan soal betapa luar biasanya seorang ibu dalam mendidik anaknya hingga berhasil jadi orang sukses dan hebat.

Setiap anak punya keistimewaannya sendiri. Bahkan ada anak-anak yang terlahir berbeda sampai dikucilkan dari lingkungan sekitarnya. Parahnya lagi, anak-anak itu kadang sampai dianggap tak punya masa depan cerah oleh guru mereka sendiri. Akan tetapi, dorongan dan semangat ibu selalu bisa jadi sumber kekuatan terbesar anak untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh.

Di balik ilmuwan hebat, penulis genius, sampai para tokoh dunia terkenal, ada perjuangan dan kerja keras seorang ibu yang luar biasa. Buku It's Okay, You're Just Different (Tak Masalah Menjadi Orang yang Berbeda) ini memberi banyak harapan. Khususnya, kepada para ibu yang saat ini sedang berjuang untuk mendidik buah hati tercinta untuk menjadi pribadi yang kuat dan bisa berhasil di masa depannya.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah para ibu hebat di buku ini. Berbagai pesan positif bisa kita peroleh dari setiap cerita dan kisah di dalamnya. Patut dibaca oleh siapa saja yang meyakini bahwa setiap anak selalu punya keistimewaan dan kelebihannya sendiri yang luar biasa.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading