Sukses

Lifestyle

Manfaat Ketumbar dalam Masakan dan Sejarahnya

Fimela.com, Jakarta Ketumbar menjadi salah satu bumbu masakan yang pasti sudah sering ditemui di berbagai resep masakan nusantara. Biji-biji kecil ketumbar memberikan rasa sedap yang tak bisa diabaikan dalam masakan. Namun seperti apa sih sebenarnya kegunaan ketumbar dalam masakan dan bagaimana sejarahnya sehingga ia menjadi salah satu bumbu masakan?

Dilansir dari The Spruce Eats, secara sejarah ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang dikenal paling tua dan sudah digunakan sejak lama. Dalam bahasa Inggris disebut coriander berasal dari bahasa Yunani 'koris' yang berarti serangga bau. Mungkin karena aromanya yang kuat, apalagi ketika dihaluskan.

Dalam bidang kuliner, ketumbar menjadi bahan masakan yang umum di masakan Asia dan berfungsi sebagai tanaman herbal. Rasanya yang kuat, pedas dengan sedikit kesan gurih dan manis ini adalah kegunaan utama dalam hal masakan, terutama masakan dengan rempah yang kuat semacam gulai dan kare.

Ketumbar dalam bidang kesehatan mampu menghangatkan badan, melegakan hidung tersumbat dan memberikan kenyamanan di badan ketika tak enak badan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ramai Pertanyaan Jakarta Lockdown? Pemerintah Terapkan Pembatasan Mobilitas di 10 Ruas Jalan Ibu Kota
Artikel Selanjutnya
4 Resep Kuliner Khas Betawi untuk Meriahkan HUT Jakarta ke-494