Sukses

Lifestyle

Ternyata 10 Hal Inilah yang Mengurangi Produktivitas Kerja Kita

Ladies, ada sebuah fakta menarik yang perlu Anda tahu. Setiap kali konsentrasi kita pecah atau buyar, kita butuh waktu 25 menit untuk kembali fokus pada hal yang tadi sedang kita lakukan. Seperti yang dilansir oleh businessinsider.co.id, setiap kali kita beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, produktivitas kita akan menurun, meskipun kita merasa sudah melakukan banyak hal. Yang lebih parah lagi adalah konsentrasi yang berulang kali pecah atau terganggu bisa mengikis waktu konsentrasi kita.

Saat di kantor atau bekerja, kita mungkin pernah merasa pekerjaan yang rasanya tidak selesai-selesai. Tumpukan pekerjaan yang sepertinya tak ada habis-habisnya. Jika Anda pernah merasa seperti itu, kemungkinan itu karena adanya sejumlah hal yang mengganggu Anda. Dan inilah 10 hal yang disinyalir menjadi penyebab utama berkurangnya produktivitas kerja Anda berdasarkan aplikasi WeekDone.

  1. Rapat. Jika rapat tidak dilakukan seefektif mungkin maka hanya akan membuang-buang waktu saja dan mengurangi waktu untuk bekerja secara produktif.
  2. Politik kantor. 41 persen para pegawai berpendapat bahwa politik kantor bisa menghambat produktivitas kerja.
  3. Bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya. 40 persen para pegawai mengatakan bahwa mereka bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat jika mengurangi waktu mengobrol.
  4. Mengecek email. Pegawai kantoran bisa mengecek email sebanyak 30-40 kali per jamnya.
  5. Internet. 64 persen pegawai mengunjungi situs-situs yang tak ada kaitannya dengan pekerjaan setiap hari di kantor. Selain itu 47 persen dari responden yang disurvei mengaku bahwa mereka menghabiskan waktunya dengan sia-sia gara-gara internet.
  6. Membenarkan dan mengoreksi kesalahan pegawai lain.
  7. Melakukan bisnis pribadi.
  8. Terlalu sibuk mengatur diri sendiri. 38 persen responden lebih memilih untuk melakukan hal-hal yang tidak disukai seperti melakukan lebih banyak pekerjaan daripada harus duduk di samping bos mereka.
  9. Suhu ruangan yang kondusif. Penelitian menunjukkan bahwa suhu kantor yang ideal untuk produktivitas yang optimal adalah 24-25 derajat celcius.
  10. Melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Stres bisa meningkat, produktivitas berkurang sebanyak 40 persen, dan IQ menurun 10 persen, jika Anda melakukan banyak pekerjaan yang berbeda-beda sekaligus dalam satu waktu (multitasking).


Dengan lebih memperhatikan hal-hal yang sekiranya mengurangi produktivitas kerja, kita akan lebih mudah mengondisikan diri kita untuk menuntaskan pekerjaan tepat waktu dengan baik. Get your work done on time and get stress-free life!



(vem/nda)
;
Loading