Sukses

Lifestyle

Banyak Pasangan Berpisah karena Satu Masalah Ini

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya kita ingin hubungan yang kita bangun bisa langgeng dan selalu harmonis. Tapi terkadang ada masalah-masalah yang sulit dihindari sehingga menjadikan perpisahan sebagai jalan keluar. Ada banyak masalah dan penyebab yang membuat pasangan berpisah. Salah satunya adalah karena masalah perbedaan kebutuhan emosional dari masing-masing pasangan.

John Gray, Ph.D., dalam Beyond Mars and Venus mengungkapkan bahwa begitu banyak orang, ketika ditanya apakah mereka bahagia dalam hubungan mereka, akan mengatakan bahwa mereka bahagia, karena mereka memberikan jenis dukungan seperti yang mereka sendiri butuhkan sambil menganggap bahwa suatu hari kelak, mereka akan mendapatkan kembali dukungan yang sama. Namun, ketika pria dan perempuan terus memberikan apa yang mereka sendiri butuhkan dan bukan apa yang paling dibutuhkan oleh pasangannya, pada akhirnya, alih-alih bersatu, mereka malah bertabrakan.

Kegagalan untuk memenuhi yang dibutuhkan pasangan bisa jadi penyebab utama perpisahan. Banyak orang yang merasa telah memberikan yang terbaik pada pasangannya tanpa mengetahui atau mencari tahu dulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasangannya. Kita hanya melihat sudut pandang kita sendiri tanpa memahami sudut pandang atau kebutuhan pasangan sendiri. Begitu pula ketika pasangan kita yang hanya meyakini sudut pandangnya sendiri, dia merasa sudah memberikan semua yang kita inginkan padahal sebenarnya yang kita inginkan bukanlah semua pemberian itu.

Gray juga memaparkan bahwa jika pria dan perempuan ingin bahagia bersama, mereka harus lebih dulu bertanggung jawab atas kebahagiaan mereka sendiri. Lalu mereka harus menerapkan pemahaman baru untuk memberikan jenis cinta yang dibutuhkan oleh pasangan. Bila pria dan perempuan terus memberikan jenis cinta yang mereka sendiri butuhkan dan bukan memfokuskan upaya untuk memberikan jenis cinta yang paling dibutuhkan oleh pasangan, bisa muncul kesalahpahaman yang pada akhirnya berujung pada perpisahan.

Sebelum kita merasa sudah memberikan semua yang terbaik pada pasangan, coba cari tahu dulu apakah semua yang kita beri sudah sesuai dengan yang dibutuhkan pasangan. Ada baiknya juga kita menyampaikan jenis cinta seperti apa yang kita butuhkan dari pasangan agar pasangan bisa lebih mudah memenuhi kebutuhan kita. Sebab gagal dalam memenuhi kebutuhan emosional dari masing-masing pasangan bisa membuat perpisahan tak terelakkan.

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading