Sukses

Lifestyle

Cara Mengawetkan Cabai untuk Stok agar Mudah Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang selalu memastikan punya stok cabai di rumah? Bagi penggemar kuliner pedas, kurang lengkap rasanya bila makanan yang disantap tidak ada cabainya. Untuk kebutuhan memasak di dapur, kita perlu paham betul cara mengawetkan cabai agar tidak mudah busuk.

Mengawetkan cabai bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Dengan cara pengawetan yang benar, stok cabai bisa bertahan dalam waktu lama serta dapat digunakan sewaktu-waktu. Selengkapnya, yuk simak tips-tips di bawah ini.

1. Cabai Dibekukan

Cabai yang sudah dicuci bersih dan dibuang tangkainya bisa disimpan dalam plastik. Bisa gunakan plastik klip atau ikat plastik sampai benar-benar rapat. Setelah itu, cabai yang sudah disimpan dalam plastik bisa dimasukkan dan disimpan dalam freezer. Biarkan hingga beku. Cabai beku ini bisa bertahan sampai berminggu-minggu. Kita pun bisa menggunakannya sesuai kebutuhan kapan saja.

2. Cabai Dikeringkan

Ada tiga cara yang bisa kita gunakan untuk mengeringkan cabai: dijemur di bawah terik matahari, dipanggang dalam oven, dipanggang dengan microwave. Menjemur cabai di bawah terik matahari bisa butuh waktu berhari-hari. Kita bisa pakai tampah atau wadah datar untuk mengeringkan cabai di bawah terik sinar matahari. Kalau mau mengeringkan cabai dengan memanggangnya di oven atau microwave, belah cabai jadi dua bagian, lalu tata di loyang dengan sisi biji menghadap ke atas.

Cabai kering utuh bisa langsung kita simpan dalam wadah kedap udara. Kita juga bisa menumbuk atau menghaluskan cabai kering pakai blender untuk dijadikan cabai bubuk. Cabai yang dikeringkan ini pun bisa tahan dalam waktu yang sangat lama.

3. Cabai Diawetkan dengan Minyak Zaitun

Cabai yang sudah bersih bisa dipotong sesuai kebutuhan lalu dipanggang dengan oven atau di wajan anti lengket. Balik potongan cabai satu kali agar cabai matang merata di semua sisi. Setelah selesai dipanggang, cabai bisa didiamkan sebentar untuk kemudian disimpan dalam stoples atau jar yang sudah diisi minyak zaitun.

4. Cabai Dijadikan Asinan

Cukup mudah membuat asinan cabai ini. Tinggal potong cabai memanjang, lalu masukkan dalam wadah dengan tambahan cuka, gula, air matang, dan garam secukupnya. Setelah itu, simpan dalam lemari pendingin. Asinan cabai ini bisa kita gunakan untuk ditambahkan ke berbagai jenis makanan yang akan kita masak.

5. Cabai Dijadikan Pasta

Bila ingin sekalian menjadikan cabai sebagai bumbu memasak sederhana, kita bisa menghaluskan cabai lalu ditumis dengan sedikit minyak sampai matang. Selain ditumis, alternatif lainnya adalah dengan mengukus cabai yang sudah dihaluskan. Kita bisa menyimpan pasta cabai ini dalam wadah tertutup untuk digunakan kapan pun kita membutuhkannya.

Mengawetkan cabai bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kita bisa memilih cara yang sekiranya paling mudah untuk kita lakukan sendiri di rumah. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Cabai agar Tidak Gampang Busuk
Artikel Selanjutnya
Cara menyimpan cabai agar awet berminggu-minggu