Sukses

Lifestyle

Cara Memasak Kacang Merah supaya Cepat Empuk

Fimela.com, Jakarta Kacang merah bisa diolah jadi aneka hidangan yang lezat. Bisa dijadikan aneka makanan lezat, bisa juga dibuat olahan minuman yang menyegarkan. Kunci utama untuk membuat hidangan yang lezat dari kacang merah adalah kacang merah harus empuk.

Mau membuat sayur kacang merah atau es kacang merah, berikut tips yang bisa diikuti untuk memasak kacang merah supaya cepat empuk. Untuk mendapatkan hasil olahan terbaik, pilih kacang merah yang permukaannya licin, tidak bertunas, tidak berkerut, tidak berlendir, dan tidak berbau asam, ya.

1. Rendam Kacang Merah

Kacang merah yang sudah dicuci bersih bisa langsung direndam dalam baskom berisi air. Kacang merah segar hanya perlu direndam sekitar 1 hingga 2 jam sebelum diolah. Sedangkan untuk kacang merah kering, rendam semalaman supaya mengembang.

2. Rebus Kacang Merah dengan Air Banyak

Setelah selesai direndam, kacang merah bisa langsung direbus. Pastikan menggunakan air banyak ketika merebusnya. Dengan kata lain, kacang harus selalu dalam keadaan terendam saat direbus. Bila air menyusut, bisa langsung ditambah air lagi sesuai kebutuhan.

Cara mengecek apakah kacang merah sudah empuk pun cukup mudah. Tinggal tusuk dengan garpu, bila sudah mudah hancur saat ditusuk maka kacang sudah matang sempurna. Kita bisa langsung mengangkat kacang merah untuk disiram dengan air dingin, kemudian ditiriskan.

3. Rebus Kacang Merah Menggunakan Pressure Cooker

Kita bisa menggunakan pressure cooker untuk memasak kacang merah sampai empuk dalam waktu 12 hingga 15 menit saja. Tinggal siapkan pressure cooker untuk diisi air dan masukkan kacang merah sampai terendam dengan menambahkan sedikit garam. Dalam beberapa menit saja, kacang merah pasti sudah empuk dan siap diolah untuk dijadikan hidangan selanjutnya.

Cukup mudah kan cara memasak kacang merah agar cepat empuk? Semoga infonya bermanfaat, ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Berapa Lama Sih Produk Olahan Susu Bertahan Setelah Dibuka?
Artikel Selanjutnya
Cara Mengolah Daging Ati Ampela Ayam agar Tidak Amis