Sukses

Lifestyle

5 Sambal Khas Jawa Timur yang Enak dan Pedasnya Mantap

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, makan tanpa sambal akan terasa hambar dan kurang menantang. Sambal sendiri telah menjadi pelengkap makanan yang wajib ada. Indonesia memiliki beragam sambal dengan cita rasa khas, lezat dan pastinya pedas mantap.

Menyoal sambal, di Jawa Timur ada beberapa sambal yang sangat khas dan populer di sana. Cita rasa sambal khas Jawa Timur ini umumnya gurih dan pedas mantap. Berikut sedikitnya 5 sambal khas Jawa Timur yang lezat dan pedasnya mantap.

Sambal Petis

Sambal petis merupakan sambal yang terbuat dari petis udang, cabai rawit, bawang putih goreng, gula merah, garam dan kecap manis. Sambal petis memiliki cita rasa khas manis gurih. Biasanya, sambal ini disajikan bersama tahu goreng, gorengan atau camilan lain sebagai cocolan.

Sambal Bawang

Sambal bawang juga menjadi sambal khas Jawa Timur. Sambal bawang terbuat dari cabai rawit dan bawang putih serta garam. Sambal bawang memiliki cita rasa khas gurih sekaligus pedas mantap. Sambal bawang cocok disajikan bersama tempe, tahu, ayam atau ikan goreng. Sambal bawang juga cocok disajikan bersama sayur bening atau sayur sop.

Sambal Kacang dan Dua Lainnya

Sambal Tumpang

Sambal selanjutnya yang begitu khas dengan Jawa Timur adalah sambal tumpang. Sambal ini berasal dari kota Kediri, Jawa Timur. Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe yang sudah basi atau tempe bosok kemudian dihaluskan bersama aneka bumbu yakni cabai rawit, bawang putih, lengkuas, daun salam, garam dan sedikit gula. Agar rasa sambal semakin gurih, sambal tumpang bisa disiram dengan minyak goreng panas.

Sambal Pecel (Kacang)

Blitar dan Madiun merupakan kota di Jawa Timur yang sangat terkenal dengan sambal pecel atau kacang. Sambal pecel memiliki cita rasa khas yang sangat menggugah selera. Sambal pecel adalah bumbu utama dalam sajian sayur pecel.

Sambal Kecap

Sambal kelima yang begitu khas di Jawa Timur adalah sambal kecap. Sambal kecap terbuat dari irisan cabai rawit, bawang merah dan putih yang kemudian dicampur dengan kecap manis. Sambal ini memiliki cita rasa pedas mengugah selera dan segar. Sambal kecap sangat cocok disajikan bersama ikan bakar, ayam bakar atau bebek bakar.

Itulah beberapa sambal yang khas dengan Jawa Timur. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat sambal di atas ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip