Sukses

Lifestyle

Tidak Punya Sahabat Dekat, Normal Nggak sih?

Fimela.com, Jakarta Apa arti sahabat? Masing-masing dari kita jelas punya cara sendiri dalam mendefinisikannya. Sahabat bisa jadi seseorang yang paling dekat dengan kita. Meski tak punya ikatan darah tapi ia bisa jadi orang yang paling memahami kita. Di saat suka maupun duka, seorang sahabat akan selalu ada di sisi kita.

Umumnya kita akan memiliki satu atau beberapa orang sahabat dalam hidup kita. Tapi bagaimana kalau kita merasa tak punya sahabat dekat meski sudah dewasa? Apakah hal ini normal? Yang dimaksud dengan normal pun mungkin ada banyak cara untuk memaknainya.

Kita perlu memahami terlebih dahulu bahwa tidak semua orang punya sahabat di kehidupannya. Dan hal tersebut pun bukanlah masalah. Sebagian orang punya sahabat dekat yang selalu memberi cinta dan dukungan. Sebagian lagi merasa bisa bergaul dengan siapa saja tanpa mengklasifikasikan sosok tertentu sebagai sahabat. Selain itu, masing-masing orang punya ikatan persahabatan yang berbeda. Kehidupan pertemanan dan persahabatan tiap orang bisa berbeda satu sama lain.

Tak Perlu Mempermasalahkan Normal Vs Tidak Normal

Kita yang mungkin merasa tak pernah punya sahabat yang benar-benar dekat pasti akan sedih bila hidup kita dianggap tak normal. Sebab bisa jadi kita punya cara sendiri dalam memandang ikatan pertemanan dan persahabatan. Bisa jadi juga kita punya permasalahan dan sudut pandang sendiri soal definisi sahabat. Jadi tak perlu merasa tertekan bila ada yang menganggap kita "tidak normal" hanya karena tak punya sahabat. Karena kita tak bisa memberi pengertian dan pemahaman pada setiap orang soal kehidupan kita.

Setiap Orang Punya Caranya Sendiri dalam Memandang Kehidupan dan Persahabatan

Punya sahabat dekat dan bisa bahagia bersama, itu bagus. Tidak punya sahabat dekat tapi masih dikelilingi orang-orang yang dengan tulus menyayangi kita, itu juga bagus. Setiap orang punya cara sendiri dalam menikmati hidup. Belum lagi dengan kenyataan bahwa masing-masing orang bisa jadi memiliki kemampuan berbeda dalam bersosialisasi. Kita diciptakan berbeda-beda, jadi tak perlu merasa sedih dengan perbedaan yang ada.

Semoga siapapun sahabat atau orang terdekat yang kita miliki saat ini bisa terus kita jaga, ya. Masing-masing orang pastinya punya cara sendiri untuk bahagia dalam hidupnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman Kuliah sebelum Wisuda
Artikel Selanjutnya
Punya Sahabat Baik Menandakan Bahwa Hubungan Asmaramu Bakal Romantis