Sukses

Lifestyle

Minuman Tradisional Nusantara untuk Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Saat musim hujan seperti sekarang ini, minuman yang menghangatkan tubuh seperti kopi dan teh tentu sangat nikmat untuk disantap. Namun, selain kopi dan teh, di Indonesia ada beberapa minuman tradisional yang mampu menghangatkan tubuh dengan baik. Tak hanya menghangatkan, minuman ini juga menyehatkan karena terbuat dari rempah pilihan.

Kira-kira apa saja minuman tradisional nusantara yang bisa menjadi penghangat tubuh? Simak yang berikut ini.

Wedang Uwuh

Ini merupakan minuman yang terbuat dari rempah secang, kayu manis, biji pala, jahe dan gula batu maupun gula jawa. Wedang uwuh merupakan minuman asal Yogyakarta. Ciri minuman ini berwarna merah bening dengan cita rasa khas dan aroma menggugah selera.

Bajigur

Minuman selanjutnya yang juga menghangatkan tubuh adalah bajigur. Minuman ini terbuat dari santan kelapa dan gula aren yang direbus bersama bumbu rempah lainnya. Rasa minuman ini manis gurih yang begitu menggugah selera.

2 dari 2 halaman

Bandrek dan Dua Lainnya

Bandrek

Yang ketiga ada bandrek. Ini merupakan minuman yang terkenal di kawasan Sunda atau Jawa Barat. Bandrek terbuat dari rempah jahe, gula merah dan beberapa rempah lainnya.

Bir Pletok

Bir pletok merupakan minuman hangat atau panas yang terbuat dari rempah jahe, secang, batang serai dan pandan wangi. Minuman ini memiliki aroma yang khas dan cita rasa yang begitu menghangatkan. Tak hanya menghangatkan, minuman ini juga menenangkan pikiran.

Jamu Jun

Minuman selanjutnya yang bisa menghangatkan tubuh adalah jamu jun. Jamu jun terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama santan, air, jahe dan bumbu rempah lainnya. Untuk merasakan segelas jamu jun atau lebih, Sahabat Fimela bisa berkunjung ke Pasar Semawis atau Pecinan, Semarang.

Itulah beberapa minuman tradisional yang berkhasiat menghangatkan tubuh. Selain minuman di atas, ada minuman lain yang juga bermanfaat menghangatkan tubuh antaranya wedang jahe, beras kencur, wedang ronde, sekoteng, wedang secang, STMJ (susu telor madu jahe) dan bir kotjok. Tak hanya menghangatkan tubuh, minuman ini juga memiliki rasa lezat dan berkhasiat menenangkan pikiran.

Artikel Selanjutnya
Resep Lemon Tea Madu Hangat Pereda Flu
Artikel Selanjutnya
Resep Lemon Tea Panas Untuk Penghangat Tubuh