Sukses

Lifestyle

Pernikahan yang Bahagia Bikin Pasangan Lebih Panjang Umur

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah salah satu tahapan penting dalam hidup setiap manusia. Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang bahagia. Well, pernikahan bahagia nyatanya memang bisa membuat usia pasangan lebih panjang lho. Mengapa demikian?

Ada banyak studi yang menekankan bahwa semakin besar jaringan sosial kita, semakin bahagia kita dan semakin lama kita akan hidup. Ini berlaku juga dalam pernikahan. Penelitian baru menunjukkan bahwa pernikahan bahagia akan membuat pasangan lebih sehat. Semakin sehat pasangan maka akan semakin panjang usianya.

Indek massa tubuh manusia diukur dan diteliti. Orang yang menikah memiliki BMI atau indek massa tubuh terendah, yaitu 27,6, dibandingkan dengan 28,5 pada orang yang belum menikah dan 28 pada mereka yang bercerai. Sebuah studi oleh Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang menikah memiliki kadar kortisol yang lebih rendah daripada orang yang lajang atau bercerai.

Ini menunjukkan bahwa pernikahan dapat meningkatkan kesehatan dengan membantu kita bertahan melawan tekanan psikologis yang meningkatkan hormon ini. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, depresi, peningkatan peradangan, dan sejumlah penyakit autoimun.

Rata-rata, pasangan menikah melaporkan kesehatan keseluruhan yang lebih baik sepanjang hidup mereka. Tentu saja, kesehatan yang baik menurun dengan bertambahnya usia, terlepas dari status perkawinan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasangan Menikah Lebih Bahagia Jika Membagi Peran Ini Secara Adil
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Sosial Mengapa Banyak Orang Tidak Ingin Menikah