Sukses

Lifestyle

4 Cara Sehat Meredakan Badai Pertengkaran dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Masalah dalam sebuah hubungan bisa mendewasakan pasangan. Sebuah hubungan pun pasti tak terlepas dari konflik. Pertengkaran kadang juga tak dapat dihindari. Cuma memang karena ego dan sikap yang kurang dewasa, sebuah pertengkaran bisa menyebabkan badai masalah yang makin tak ada habisnya.

Untuk meredakan badai pertengkaran dengan pasangan, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Ada cara yang sebenarnya cukup simpel untuk dilakukan, hanya saja tak semua pasangan bisa melakukannya. Berikut empat cara yang terbilang cukup adil untuk bisa meredakan pertengkaran, selengkapnya langsung disimak di sini ya.

1. Jangan Memaksakan Diri Menjadi yang Paling Benar

Dalam perdebatan atau perbedaan pendapat dengan pasangan, kadang kita merasa ingin yang paling benar. Dr. Gary Brown, seorang terapis hubungan di Los Angeles, seperti yang dikutip dari elitedaily.com mengungkapkan bahwa penting untuk belajar saling memahami daripada memenangkan sebuah perdebatan. Dengan kata lain, saat bertengkar cobalah untuk belajar, bukan berusaha yang paling benar.

2. Perbanyak Quality Time Berdua

Anita Chlipala, seorang terapis keluarga dan pernikahan serta penulis First Comes Us: The Busy Couple's Guide to Lasting Love menngungkapkan bahwa untuk menghentikan pertengkaran, cara terbaiknya adalah fokus memperkuat ikatan. Karena kadang ketika ikatan atau kedekatan menurun, intensitas pertengkaran bisa meningkat. Cobalah untuk memperbanyak quality time atau waktu berduaan. Dengan begini, kita bisa saling memberi prioritas satu sama lain dan menyadari bahwa ada yang lebih penting daripada terus menerus bertengkar.

3. Saat Dirasa di Luar Kendali, Ambil Jeda

Dr. Brown menyarankan untuk mengambil jeda ketika kita dan pasangan sama-sama dalam keadaan di luar kendali atau terlalu emosi. Saat nada bicara dan suara makin lantang ketika berdebat, perlu ambil jeda sejenak. Setidaknya perlu menjauh sejenak untuk mendinginkan dan menjernihkan kepala. Tujuannya untuk mencegah kita mengatakan sesuatu yang nantinya malah akan kita sesali kemudian. Agar badai pertengkaran reda, perlu kejernihan pikiran untuk mengatasi akar masalahnya dengan lebih tenang.

4. Diskusi Tatap Muka

Hindari bertengkar melalui pesan teks atau chat. Jangan saling serang di media sosial juga. Sebaiknya didiskusikan bersama. Duduk tatap muka dan saling menyediakan waktu untuk mau mendengar dan berdiskusi bersama. Dengan bisa saling berdiskusi dan bicara terbuka, kita akan lebih mudah menemukan akar masalahnya dan segera menyelesaikannya. Karena kadang pertengkaran sulit dihentikan karena yang diselesaikan bukan akar penyebab masalahnya.

Meredakan pertengkaran dengan pasangan kadang memang cukup rumit dan kompleks. Tapi selama masih ada kepedulian serta komitmen untuk dijaga bersama atas dasar cinta, setiap pertengkaran bisa memberi pelajaran untuk sama-sama saling mendewasakan dalam hubungan. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, bagaimana cara terbaik meredakan pertengkaran dengan pasangan?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini 5 Cara Mengatasi Pasangan Pencemburu & Sensitif
Artikel Selanjutnya
Cinta Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Hubungan Bisa Langgeng karena Hal Ini